Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Merawat Kunci Kontak Motor Agar Awet

Kompas.com - 13/06/2019, 10:34 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua bagian dari sepeda motor perlu dirawat, termasuk kunci kontak. Secara fungsi untuk menyalakan dan mematikan motor, mengunci setang, hingga membuka tangki serta jok.

Wendy, mekanik Amie Jaya Motor di kawasan Depok, Jawa Barat, mengatakan fungsi kunci kontak cukup banyak dan penting. Maka dari itu, sangat dianjurkan untuk memperlakukan perangkat itu dengan baik.

Baca juga: Modal Rp 5.000 untuk Hadapi Begal Modus Cabut Kunci Kontak

"Perawatannya tidak sulit, cukup semprotkan lubang kunci kontak dengan cairan pelumas atau penetran. Agar mekanisme di dalamnya tetap lancar," ujar Wendy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Menurut Wendy, hindari menggunakan oli bekas, karena kotoran yang ada pada pelumas itu bisa masuk ke lubang anak kunci dan justru menimbulkan endapan kotoran di dalam.

"Jika kunci susah masuk ke lubang kunci atau sulit diputar untuk menghidupkan mesin, sebaiknya jangan dipaksa. Cabut dulu kunci dari lubangnya dan semprotkan cairan pelumas atau penetran," ujar Wendy.

Baca juga: Ingat, Standar Motor Juga Butuh Perawatan

Sebagian besar motor zaman sekarang sudah dilengkapi dengan magnet pelindung untuk lubang kunci. Selain bermanfaat untuk menghindari pencurian, penutup ini juga berguna buat menghalau air dan debu agar tidak masuk ke dalam lubang kunci.

"Air yang masuk ke dalam lubang kunci dapat membuat mekanisme di dalamnya tidak lancar, karena membuat pelumas di dalamnya kering. Selain itu, bisa juga membuat komponen di dalamnya menjadi berkarat," kata Wendy.

Terakhir, yang tak kalah penting menurut dia jangan membebani kunci dengan gantungan yang terlalu berat. Pasalnya, hal ini bisa memberikan dampak pada lubang kunci menjadi longgar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com