Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

836 Mobil Listrik dan 7 Kendaraan Lapis Baja Disiapkan untuk Tamu VVIP KTT G20

Kompas.com - 08/11/2022, 14:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Sekretariat Negara menyatakan bahwa persiapan pada sejumlah fasilitas untuk menyambut kepala negara dan deligasi pad Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali sudah nyaris rampng.

Salah satu fasilitas itu, termasuk ketersediaan 836 unit mobil listrik untuk VVIP dan deligasi yang merupakan hasil kerja sama dengan sejumlah perusahaan otomotif di Indonesia dan kendaraan lapis baja.

Menariknya, dikatakan Sekertaris Kemensekneg Setya Utama, meski terdapat kendaraan ramah lingkungan, pemerintah Indonesia tidak melarang jika ada negara yang membawa kendaraan operasional antipeluru sendiri yang sesuai dengan standar pengamanan masing-masing.

Baca juga: Varian Hybrid Segera Meluncur, Diskon Innova Tembus Rp 18 Juta

Ratusan unit mobil listrik Lexus UX 300e dan Toyota bZ4X untuk KTT G20 telah sampai BaliDok. TAM Ratusan unit mobil listrik Lexus UX 300e dan Toyota bZ4X untuk KTT G20 telah sampai Bali

“Ini sesuai dengan asas resiprokal hubungan antar negara. Indonesia juga pernah menerima perlakuan sama dalam pertemuan lain,” kata Setya dalam keterangan resminya, Selasa (8/11/2022).

Selain itu pemerintah RI juga menyediakan kendaraan lapis baja untuk tujuh kepala negara atau pemerintahan yang hadir pada pertemuan G20. Sejauh ini sudah lima negara yang menyatakan akan membawa kendaraan lapis baja sendiri ke Bali.

“Kita kan tidak bisa memenuhi semuanya (kendaraan lapis baja) karena kita juga mencadangkan untuk presiden dan wakil presiden. Jadi first come, first serve,” kata Setya.

Lebih jauh, ujar Setya, para kepala negara, akan mulai berdatangan ke Bali pada 13 November 2022 melalui Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai.

Baca juga: Cek Menu MPV Murah di Bawah Rp 250 Juta, November 2022

Pelatihan kendaraan listrik untuk tenaga pengemudi Wuling Air ev selama KTT G20 pada 15-16 November 2022 mendatangDok. Wuling Pelatihan kendaraan listrik untuk tenaga pengemudi Wuling Air ev selama KTT G20 pada 15-16 November 2022 mendatang

Alur kedatangan para tamu delegasi itu bakal dimulai dengan sambutan tari pendet, tarian tradisional Bali, di bandara sebelum diantar ke hotel masing-masing.

Setya mengatakan para tamu delegasi yang datang pada 13 dan 14 November 2022 itu bakal dijemput serta diantarkan ke hotel masing-masing menggunakan mobil listrik.

Pemilihan kendaraan listrik untuk iring-iringan kepala delegasi merupakan wujud komitmen Indonesia untuk beralih ke penggunaan energi baru terbarukan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.