Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut KTT G20, 48 Kendaraan Listrik Touring Jakarta-Bali

Kompas.com - 07/11/2022, 12:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 48 unit kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) melakukan touring dari Jakarta ke Bali dengan total jarak tempuh 1.250 kilometer dalam rangka menyambut gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Dibawah Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan RI, seremoni pelepasan dilakukan di Monumen Nasional (Monas), Jakarta hari ini, Senin (7/11/2022).

"Perjalanan ini merupakan salah satu cara mempromosikan kendaraan listrik. Setelah finish nanti, ada pameran yang menjadi salah satu bagian dari showcase KTT G20," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam konferensi Touring KBLBB Jakarta-Bali 2022, Senin.

Baca juga: BPKB dan STNK Khusus Kendaraan Listrik Sudah Siap Edar

Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta-Bali 2022 di Jakarta, Senin (7/11/2022)KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta-Bali 2022 di Jakarta, Senin (7/11/2022)

"Di sana, warga mancanegara akan melihat effort kita yang besar untuk terus melakukan transisi ke kendaraan listrik," lanjutnya.

Lebih jauh, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno menyatakan bahwa perjalanan tersebut akan melewati beberapa kota besar seperti Cirebon, Semarang, Solo, Surabaya, Jember, dan berakhir di Nusa Dua, Bali.

Pada beberapa kota, rombongan bakal secara khusus singgah untuk promosi mengenai kendaraan listrik dan pengalamannya melakukan perjalanan.

“Kegiatan touring dilakukan selama lima hari dari tanggal 7 November sampai 11 November 2022. Kegiatan touring akan singgah di beberapa kota seperti Solo di tanggal 8 November dan Jember di tanggal 9 November,” ujar Hendro.

Baca juga: Diskon SUV Murah Bulan Ini, Terios Tembus Rp 20 Juta

Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta-Bali 2022 di Jakarta, Senin (7/11/2022).KOMPAS.com/Ruly Kurniawan Touring Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Jakarta-Bali 2022 di Jakarta, Senin (7/11/2022).

Adapun kendaraan yang mengikuti acara ini, sangat beragam. Di antaranya, ada kendaraan dinas dari PLN, Kemenhub, Bluebird, Grab, sampai para mobil dan motor Agen Pemegang Merek (APM).

Total, terdapat 48 unit kendaraan yang diturunkan dengan rincian 28 unit motor listrik, 16 unit mobil listrik, satu unit truk listrik milik Mitsubishi e-Canter, dan dua unit bus listrik.

Rinciannya, pada kendaraan roda dua ada 10 unit Minerva Electron, 3 unit Honda PCX Electric, 1 unit Energica Ego, 2 unit Niu Gova E03, 2 unit Selis E-Max, 5 unit Gesits, 2 unit United T1800, 1 unit United TX1800, dan 2 unit Smoot Tempur.

Kemudian untuk mobil listriknya, terdiri atas 1 unit Lexus UX300e, 1 unit Nissan Leaf, 1 unit BYD E6, 7 unit Hyundai Kona EV, 4 unit Wuling Air EV, 1 unit DFSK Gelora E, dan 1 unit Mitsubishi Minicab MiEV.

Baca juga: 14 Kendaraan yang Bebas Ganjil Genap Selama KTT G20 Bali, Termasuk Mobil Listrik

Adapun 2 unit bus listrik yang ikut touring, masing-masing ialah Golden Gragon ukuran 12 meter dan Zhangtong Bus berukuran 6 meter.

“Saya berharap gelaran ini jadi contoh bagi masyarakat untuk mengadopsi kendaraan listrik,” kata Budi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com