Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Melepas Ban Serep Daihatsu Terios Konde

Kompas.com - 04/11/2022, 17:31 WIB
Erwin Setiawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

CILACAP, KOMPAS.com - Daihatsu Terios lama atau Terios Konde identik dengan letak ban cadangannya yang berada di belakan.

Hal ini menjadi salah satu ciri khas SUV lawas, di mana lokasi ban cadangan atau ban serep berada di luar tak seperti kebanyakan mobil modern yang ada di bagasi.

Maka dari itu, untuk melepas ban cadangan memerlukan prosedur khusus agar tidak merusak komponen dan dapat dilakukan dengan mudah.

Lantas, seperti apa prosedur melepas ban serep Daihatsu Terios lama?

Baca juga: Kapan Daihatsu Segarkan Tampilan Terios Lagi?

Service Advisor Daihatsu Cilacap Abdul Fadhol mengatakan, untuk melepas ban serep Daihatsu Terios Konde bisa dilakukan dengan mudah oleh pemilik mobil di rumah.

Cara melepas ban serep Terios Konde mudah, bisa dilakukan sendiri di rumah, apalagi alat yang dibutuhkan juga sudah tersedia oleh bawaan pabrik, seperti kunci roda,” ucap Fadhol kepada Kompas.com, Jumat (4/11/2022).

Menurut Fadhhol, cara melepas ban serep Terios Konde dimulai dengan membuka penutup ban serep tersebut terikat dengan mur, sehingga tidak bisa dilepas begitu saja.

Baca juga: Daftar Harga SUV Bekas Rp 150 Jutaan, dari Terios sampai CR-V

“Pertama yang harus dilakukan adalah melepas mur pengikat penutup ban serep, kalau mur pengikat ini tidak dilepas maka penutup ban serep tidak akan bisa terlepas, jika dipaksakan juga akan membuat komponen rusak,” ucap Fadhol.

Dia mengatakan, mur pengikat tutup ban serep ini berada di poros tengah, tepatnya di balik emblem Daihatsu.

Daihatsu Terios lawasKompas.com Daihatsu Terios lawas

“Congkel dengan obeng minus pada lambang Daihatsu, setelah itu akan terlihat ada kunci pengaman, bisa dibuka dengan kunci khusus yang menyatu dengan kunci kontak, diputar berlawanan jarum jam sampai pengaman terlepas,” ucap Fadhol.

Dia mengatakan, setelah pengaman terlepas, maka mur pengikat tutup ban serep akan terlihat.

“Setelah itu, mur harus dilepas menggunakan kunci roda ukuran 21 mm, pastikan kunci roda masuk sepenuhnya, presisi, baru diputar berlawanan jarum jam untuk melepasnya,” ucap Fadhol.

Usai melepas mur, maka penutup atau cover ban serep tadi baru bisa dilepas dengan perlahan.

Baca juga: Modifikasi Daihatsu Terios Bertema 7 Wonders Hadir di GIIAS 2022

“Dilepas saja penutup ban serepnya, pelan-pelan, perhatikan sarung penutup yang mengikat baru ditarik bersama dengan penutup yang bagian kerasnya,” ucap Fadhol.

Daihatsu Terios lama memiliki ban serep di belakang mobil menyerupai KondeKompas.com/Agung Kurniawan Daihatsu Terios lama memiliki ban serep di belakang mobil menyerupai Konde

“Lepas mur roda yang mengikat ban serep dengan kunci roda, itu ada tiga baut yang mengikat, buka ketiga-tiganya baru ban serep diturunkan untuk diganti dengan ban yang bermasalah,” ucap Fadhol.

Sementara untuk proses pemasangan ban serep ke dudukan semula, bisa menggunakan cara yang sama dengan urutan terbalik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com