Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Motor Listrik Yamaha E01 Pamer Diri di IMOS 2022

Kompas.com - 03/11/2022, 17:52 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha memeriahkan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Yamaha unjuk diri dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai.

Kehadiran E01 merupakan upaya Yamaha untuk mendorong pencapain carbon neutral dalam rantai bisnis perusahaan, salah satunya kini ditunjukan dengan telah dimulainya program tes pasar untuk E01.

Baca juga: Ohlins Indonesia Siapkan Suspensi Khusus buat 2 Motor Honda

Minoru Morimoto, Presiden Direktur & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, mengatakan, tes pasar dilakukan untuk mendapatkan masukan dari konsumen sebagai dasar dalam menghadirkan kendaraan listrik yang sesuai kebutuhan.

Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.KOMPAS.com/Janlika Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.

"Bagi Yamaha, carbon neutral merupakan tema besar. Untuk mencapai itu, EV tidak hanya menjadi salah satu cara, namun merupakan salah satu solusi yang paling tepat saat ini," kata Minoru belum lama ini.

"Itulah mengapa Yamaha telah bekerja mengembangkan EV selama hampir 30 tahun, dengan mendorong diri untuk mencari sumber tenaga alternatif," kata dia.

Sebanyak 20 unit E01 akan mulai diuji coba oleh masyarakat umum. Tahap awal akan berlangsung di 4 kota besar di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bandung, Bali dan Medan dengan total target peserta sebanyak 4.000 orang yang dimulai pada November 2022.

Baca juga: Motor Listrik Ion Mobility Pakai Baterai Tanam, Bagasi Muat Helm

Ilustrasi motor listrik Yamaha E01Dok. YIMM Ilustrasi motor listrik Yamaha E01

Minoru mengatakan, empat kota tersebut dipilih sebagai lokasi uji kendara E01 karena dinilai merepresentasikan karakter jalan, medan geografis, cuaca, suhu udara, serta tingkat eksistensi pengguna yang beragam.

"Hari ini, kita memiliki E01 untuk dilakukan test ride, yang mengawali proyek Proof of Concept untuk pasar Indonesia," kata Minoru.

"Kami akan melihat sejauh mana motor konsep ini dapat diterima, dan apakah motor konsep ini sudah cukup baik dengan berbagai keunikannya dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia,” kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com