Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/11/2022, 17:52 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha memeriahkan Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022. Yamaha unjuk diri dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai.

Kehadiran E01 merupakan upaya Yamaha untuk mendorong pencapain carbon neutral dalam rantai bisnis perusahaan, salah satunya kini ditunjukan dengan telah dimulainya program tes pasar untuk E01.

Baca juga: Ohlins Indonesia Siapkan Suspensi Khusus buat 2 Motor Honda

Minoru Morimoto, Presiden Direktur & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Mfg, mengatakan, tes pasar dilakukan untuk mendapatkan masukan dari konsumen sebagai dasar dalam menghadirkan kendaraan listrik yang sesuai kebutuhan.

Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.KOMPAS.com/Janlika Yamaha unjuk diri di IMOS 2022 dengan menampilkan motor listrik Yamaha E01 lengkap dengan stasiun pengisian baterai sebagai daya tarik utama.

"Bagi Yamaha, carbon neutral merupakan tema besar. Untuk mencapai itu, EV tidak hanya menjadi salah satu cara, namun merupakan salah satu solusi yang paling tepat saat ini," kata Minoru belum lama ini.

"Itulah mengapa Yamaha telah bekerja mengembangkan EV selama hampir 30 tahun, dengan mendorong diri untuk mencari sumber tenaga alternatif," kata dia.

Sebanyak 20 unit E01 akan mulai diuji coba oleh masyarakat umum. Tahap awal akan berlangsung di 4 kota besar di Indonesia yang meliputi Jakarta, Bandung, Bali dan Medan dengan total target peserta sebanyak 4.000 orang yang dimulai pada November 2022.

Baca juga: Motor Listrik Ion Mobility Pakai Baterai Tanam, Bagasi Muat Helm

Ilustrasi motor listrik Yamaha E01Dok. YIMM Ilustrasi motor listrik Yamaha E01

Minoru mengatakan, empat kota tersebut dipilih sebagai lokasi uji kendara E01 karena dinilai merepresentasikan karakter jalan, medan geografis, cuaca, suhu udara, serta tingkat eksistensi pengguna yang beragam.

"Hari ini, kita memiliki E01 untuk dilakukan test ride, yang mengawali proyek Proof of Concept untuk pasar Indonesia," kata Minoru.

"Kami akan melihat sejauh mana motor konsep ini dapat diterima, dan apakah motor konsep ini sudah cukup baik dengan berbagai keunikannya dalam menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat Indonesia,” kata dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.