Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahas Fungsi Banyak Tombol pada Motor Listrik Yamaha E01

Kompas.com - 31/10/2022, 11:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Yamaha E01 punya banyak fitur yang bisa difungsikan melalui tombol di area setang. Fitur ini ada banyak macamnya, mulai dari mode berkendara hingga fungsi jalan mundur.

Bila dilihat sekilas, memang area setang kemudi dan dek tengahnya mengingatkan kita pada skutik Yamaha NMAX yang sudah lama beredar di Tanah Air.

Contohnya seperti bagian kenop keyless yang terletak di bagian tengah, namun lokasi yang biasa jadi tombol Fuel berubah menjadi tombol Charge.

Baca juga: Bebek Lawas Honda Supra Fit Masih Ada, Dijual Rp 11 Jutaan

Ilustrasi Yamaha E01KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi Yamaha E01

Tombol ini fungsinya mirip, bedanya jika ditekan bakal membuka cover tutup colokan listrik untuk mengisi daya baterai yang letaknya di tebeng depan.

Pindah ke bagian saklar sebelah kanan, terlihat ada tombol Starter yang fungsinya untuk mengaktifkan motor listrik.

Di sebelah atasnya ada tombol Mode, berfungsi untuk mengganti pilihan riding mode yang diinginkan.

Baca juga: Segway Klaim Motor Listriknya Mulai Diminati Masyarakat

Seperti diketahui, Yamaha E01 punya empat mode berkendara, yaitu ECO dengan batas kecepatan 60 kpj, STD dengan batas kecepatan 80 kpj, dan PWR untuk kecepatan maksimal tembus 100 kpj dan performa yang lebih responsif.

Beranjak ke bagian saklar sebelah kiri, terlihat ada banyak tombol terpasang salah satunya adalah tombol R yang letaknya terpisah sendiri di bagian depan.

Tombol R berfungsi untuk mode reverse alias mundur, bisa diaktifkan dengan cara menekan tombol ini, lalu diikuti dengan menekan tombol Mode secara bersamaan di sebelah kanan setang.

Baca juga: Waspada Macet, Catat Lokasi Perbaikan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Yamaha E01 alias NMAX ListrikDok. Yamaha Yamaha E01 alias NMAX Listrik

Selanjutnya di saklar sebelah kiri juga terdapat saklar lampu dekat/jauh, lampu sein, klakson dan terdapat juga saklar untuk lampu hazard.

Kemudian, di saklar kiri terdapat tombol atas bawah dan select, yang berfungsi mengatur tampilan menu dan seting fitur yang tampil di panel instrumen.

Adapun, untuk membuka jok dan mengunci setang enggak ada perbedaan dengan motor Yamaha kebanyakan. Caranya pun masih mirip dan sejauh ini terlihat enggak ada yang aneh atau sulit dioperasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com