Kompas.com - 25/10/2022, 14:41 WIB
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Motor listrik Charged Indonesia resmi meluncur di Indonesia. Usai peresmian Kompas mendapat kesempatan untuk mencoba Charged Anoa di sekitar komplek kantor Charged di Kemang, Jakarta Selatan.

Charged Anoa terinspirasi dari hewan Anoa endemik asal Pulau Sulawesi dan Pulau Buton. Anoa juga disebut sebagai kerbau kerdil, karakter hewan ini ialah tangkas dan kuat.

Desain Anoa cukup unik dengan bentuk lampu-lampu yang pipih memanjang. Bentuknya pada dasarnya mirip-mirip dengan Keeway Citi Ezi yang diperkenalkan di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Baca juga: Auto2000 Tawarkan Layanan Bodi dan Cat yang Lengkap

Charged Indonesia meluncurkan tiga motor untuk kebutuhan komuter yaitu Charged Anoa, Rimau, dan Maleo.KOMPAS.com/Gilang Charged Indonesia meluncurkan tiga motor untuk kebutuhan komuter yaitu Charged Anoa, Rimau, dan Maleo.

Anoa dirancang sebagai motor listrik pekerja keras untuk komersial. Fitur braket di bagian depan, samping dan belakang untuk instalasi bagasi membuat Anoa diklaim cocok untuk logistik, bisnis dan komersial.

Anoa yang Kompas.com jajal juga berbeda dari Anoa yang biasa. Di model ini sudah ditambahkan bagasi di belakang dengan kapasitas besar.

Saat pertama duduk terasa motor cukup enteng. Serupa dengan motor listrik lainnya, motor punya tiga mode berkendara yang membatasi kecepatan dan mode R alias reverse untuk mundur.

Baca juga: Mobil Listrik Jaguar I-PACE Meluncur di Indonesia, Dijual Rp 2,9 M

Charged AnoaKOMPAS.com/Gilang Charged Anoa

Gas diputar dan motor jalan. Kesan pertamanya ialah mirip-mirip dengan motor listrik lain di mana gas terasa enteng dan respon gas sedikit telat. Meski demikian bisa dikatakan hal itu memang ciri mayoritas motor listrik.

Dengan tambahan boks besar di belakang terasa berat motor ada di belakang. Kurang nyaman buat bermanuver tapi wajar karena tujuannya memang buat angkut barang. Sehingga yang dinilai ialah seberapa banyak mampu angkat beban.

Charged Indonesia mengklaim Anoa punya kapasitas beban maksimum 150 kg tidak termasuk pengendara dan volume maksimum 250 liter.

Kemudian keunggulan lain ialah jarak tempuh. Anoa punya dua baterai yang ditaruh di bagian bagasi tengah. Tiap baterai diklaim mampu menjelajah 100 km sehingga total 200 km dengan pola berkendara efisien.

Baca juga: Pabrik Motor Listrik Alva Klaim Mampu Produksi 100.000 Unit Per Tahun

 

Jajal perdana Charged Anoa KOMPAS.com/Gilang Jajal perdana Charged Anoa

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.