Masalah Transmisi, Ratusan Ribu Mobil Hyundai dan Kia Kena Recall

Kompas.com - 18/10/2022, 13:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen otomotif asal Korea Selatan Hyundai dan Kia menarik total delapan model kendaraan atau setidaknya berjumlah 122.000 unit. Penarikan kembali atau recall terhadap ratusan ribu kendaraan itu diakibatkan masalah transmisi.

Dikutip dari Carscoops, Selasa (18/10/2022), masalah pada bagian transmisi memengaruhi kendaraan yang dibangun antara tahun 2020 dan 2022.

Secara keseluruhan pabrikan asal Korea Selatan terpaksa harus menarik 53.142 kendaraan di AS dan 8.719 di Kanada untuk merek Hyundai dan 69.038 untuk merek Kia.

Lebih rinci lagi setidaknya ada enam model Hyundai yang terkena recall, yakni Hyundai Santa Fe (2021-2022), Hyundai Sonata 2021-2022, Hyundai Veloster N 2021-2022, serta Hyundai Santa Cruz 2022, Hyundai Elantra N 2022, dan Hyundai Kona 2022.

Baca juga: Mobil Listrik Jeep Avenger Mampu Menempuh Jarak 400 Km

Sementara itu untuk Kia berpengaruh pada model Sorento 2021-2022 dan Kia K5 2021-2023.

Masalah itu disinyalir berasal dari pompa oli listrik dalam transmisi kopling ganda 8 percepatan yang kemungkinan mengalami kesalahan internal. Komponen di dalam papan sirkuit pompa (solder) tidak cukup kuat sehingga kemungkinan bisa terlepas.

Kia Sorentocarscoops Kia Sorento

Permasalahan ini membuat mobil mengeluarkan peringatan untuk pengemudi agar segera menghentikan kendaraannya.

Pengemudi akan diberikan waktu 20-30 detik saja sebelum transmisi memasuki mode fail safe dan melepaskan persneling yang mengakibatkan mobil kehilangan daya dorong. Sehingga dapat menyebabkan risiko kecelakaan.

Baca juga: Skema Cicilan Mitsubishi Xpander, Mulai Rp 4 Jutaan per Bulan

Meski begitu, baik Hyundai maupun Kia belum menemukan adanya kecelakaan atau cedera yang diakibatkan dari masalah tersebut.

Adapun pihak Hyundai dan Kia sudah meminta konsumen untuk mengembalikan kendaraan ke diler. Teknisi akan memeriksa transmisi dan menggantinya dengan yang baru yang tidak bermasalah. Konsumen juga tidak akan dikenakan biaya terkait perbaikan kendaraannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.