Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/10/2022, 08:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Fabio Quartararo gagal finis di GP Australia. Kesalahan fatal yang membuatnya kehilangan posisi pemimpin klasemen pebalap sementara dan tertinggal 14 poin dari Francesco Bagnaia.

Ada dua kesalahan yang dilakukan Quartararo salama balapan. Pertama melebar di lap empat tikungan keempat yang membuat posisinya melorot. Kemudian di pertengahan balap terjatuh dan gagal finis.

Baca juga: Asapi Motor Ducati dan Honda, Ini Spek Motor Suzuki GSX-RR Alex Rins

Quartararo yang start dari posisi kelima memulai balap dengan cukup baik. Namun, tekanan membuatnya goyah, sampai akhirnya melebar saat mau tikungan dan membuat posisinya melorot ke-22.

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat melakukan sesi latihan bebas keempat MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). (Foto oleh Paul Crock/AFP).AFP/PAUL CROCK Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo saat melakukan sesi latihan bebas keempat MotoGP Australia 2022 di Sirkuit Phillip Island, Sabtu (15/10/2022). (Foto oleh Paul Crock/AFP).

“Saya mengerem, bagian belakang motor terangkat dan saya memiliki Marini di depan jadi saya harus melebar. Itu adalah kesalahan saya dan tidak mudah untuk pulih,” kata Quartararo mengutip Crash.net, Senin (17/5/2022).

Pebalap tim pabrikan Yamaha itu kemudian naik ke posisi 15 pada lap ke-11, dibantu oleh insiden Jack Miller dan Alex Marquez. Tak lama dia kemudian kehilangan grip ban depan di tikungan 2 jatuh tersingkir.

“Saya pikir saya menyalip 4-5 pebalap, tetapi saya juga berusaha menyelamatkan ban,” kata Quartararo.

“Lalu saya mendorong terlalu banyak di entri (tikungan 2), itu bukan perbedaan besar dalam kecepatan tikungan tetapi hanya dari (tikungan) satu saya jauh lebih cepat daripada sebelumnya,” kata dia.

Baca juga: Pentingnya Sabuk Pengaman dan Airbag di Mobil

Fabio Quartararo saat beraksi pada MotoGP Inggris 2022. Terkini, Fabio Quartararo akan mengaspal pada balapan MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022). (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)ADRIAN DENNIS Fabio Quartararo saat beraksi pada MotoGP Inggris 2022. Terkini, Fabio Quartararo akan mengaspal pada balapan MotoGP San Marino 2022, Minggu (4/9/2022). (Photo by ADRIAN DENNIS / AFP)

Di sisi lain, Bagnaia yang finis urutan ketiga berhasil mendapat 16 poin di Sirkuit Phillip Island, raihan tersebut cukup untuk membawa pebalap asal Italia itu memimpin klasemen pebalap sementara dengan total 233 poin.

Quartararo yang sebelumnya berada di puncak klasemen kini turun peringkat ke posisi dua. Perolehan poinnya tidak berubah yakni 219 poin karena pebalap asal Nice, Perancis itu gagal finis.

Selisih poin antara Bagnaia dan Quartarao kini berjarak 14 poin. Dengan tersisa dua seri lagi, secara hitung-hitungan Quartararo masih bisa bertarung untuk mempertahankan gelar juara musim ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.