Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biar Aman, Pentingnya Sedia Jumper Aki Portabel

Kompas.com - 13/10/2022, 18:31 WIB
Dicky Aditya Wijaya,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

SEMARANG,KOMPAS.com - Aki tekor jadi momok menyeramkan bagi pemilik mobil. Khusus mobil transmisi manual bisa di dorong sebagai pertolongan darurat menyalakan mesin. 

Hal tersebut bertambah rumit jika mobil menggunakan transmisi matik. 

Satu-satunya jalan pilihannya adalah melakukan jumper aki mobil. Hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan bantuan mobil lain atau bermodal alat jumper portable

Praktis, saat ini banyak pilihan toolkit pertolongan darurat mobil mogok yang bisa jadi solusi jitu aki tekor. 

Baca juga: Ini Perbedaan Keyless dan Smart Key pada Sepeda Motor

Modelnya beragam, baru-baru ini sebuah unggahan akun TikTok @Iyandri menunjukkan cara memanfaatkan setrum aki mobil jadi jumper portable

USB charger lighter mobil juga dijadikan monitor voltase aki. Dengan begitu, tegangan aki yang naik turun bisa terpantau sebelum mesin di starter. 

Bahkan yang lebih mudah lagi ada juga powerbank yang didesain khusus agar bisa mengalirkan listrik ketika aki mobil soak.

Power Bank Jumper salah satu alternatif darurat menghidukan mesin mobil dalam keadaan darurat. Kompas.com Power Bank Jumper salah satu alternatif darurat menghidukan mesin mobil dalam keadaan darurat.

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, sama seperti peralatan P3K, siap sedia alat jumper di mobil sangat penting. 

Hal tersebut untuk mengantisipasi mobil mogok, sehingga bisa diatasi sendiri dan tak merepotkan pengemudi lain. 

Baca juga: Kenali Beda Aki Soak dan yang Sudah Rusak

"Menghidupkan mesin ketika aki tekor repot, bisa di dorong atau jumper kendaraan lain tapi semuanya butuh bantuan orang lain. Pilihan nyaman dan mudah siapkan alat jumper portable untuk pertolongan pertama," kata Bambang kepada Kompas.com, Kamis (13/10/2022). 

Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor. Kompas.com Jumper aki mobil merupakan cara penanganan darurat mobil mogok disebabkan aki tekor.

Dari segi teknik, tak ada yang berbeda karena sama saja dengan jumper aki umumnya. Diawali memasang kabel jumper kutub aki positif. 

"Jangan terbalik, kutub aki positif ketemu arus jumper positif dan sebaliknya. Ini dilakukan mencegah korsleting," kata dia. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com