Setop Produksi di India, Bagaimana Nasib Suzuki S-Cross di Indonesia?

Kompas.com - 12/10/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini Suzuki resmi menghentikan produksi S-Cross di India.

Kabar mengenai Suzuki yang akan menghentikan produksi S-Cross sebetulnya sudah cukup lama berembus. Terlebih lagi, saat generasi terbaru Grand Vitara diperkenalkan.

Sport Utility Vehicle (SUV) kembaran Toyota inilah yang digadang-gadang akan menggantikan posisi S-Cross di India.

Lantas, bagaimana dengan nasib Suzuki S-Cross di Indonesia? Mengingat mobil ini didatangkan secara Completely Build Up (CBU) dari India.

Baca juga: Suzuki S-Cross Stop Produksi, Digantikan Grand Vitara

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), hanya memastikan bahwa Suzuki S-Cross masih dijual di Indonesia.

“Kami masih jual S-Cross disini (Indonesia),” kata Donny saat dihubungi Kompas.com, Selasa (12/10/2022).

Suzuki SX4 S-CrossKOMPAS.COM/STANLY RAVEL Suzuki SX4 S-Cross

Dengan demikian, masih belum dapat dipastikan nasib S-Cross di Indonesia. Apakah Suzuki akan membawa Grand Vitara ke Indonesia sebagai pengganti S-Cross seperti yang dilakukan pasar India? Atau hanya mengandalkan model yang sudah ada seperti XL7??

Dilansir dari data wholesales Gaikindo, penjualan Suzuki S-Cross sejak versi anyar diluncurkan pada 2017 cukup positif, walaupun trennya terlihat menurun.

Tercatat pada 2017, distribusi S-Cross dari pabrik ke diler sebanyak 3.325 unit, sedangkan pada 2018 mencapai 2.689 unit.

Baca juga: Belum Ada Teknologi yang Dapat Menangani Fenomena Aquaplaning!

Penjualan Suzuki S-Cross terus mengalami penurunan. Pada 2019, tercatat hanya membukukan angka penjualan 1.045 unit dan hanya 590 unit di tahun 2020.

Penjualan S-Cross makin terlihat menurun setelah tahun 2020. Pada sepanjang Januari-Desember 2021, S-Cross hanya sanggup mencetak angka 247 unit. Sementara di 2022 dari Januari hingga Agustus hanya mencatat angka penjualan 141 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.