Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Listrik MCI Resmi Diperkenalkan, Cocok Jadi Angkutan AKAP

Kompas.com - 11/10/2022, 11:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor Coach Industries (MCI) pembuat bus asal Amerika baru saja memperkenalkan bus listrik berlantai tinggi dengan nama D45 CRT Charge pada akhir September 2022.

Chris Stoddart, President North American Bus and Coach NFI mengatakan, D45 CRT Charge merupakan versi elektrik dari model Commuter Rapid Transit (CRT), dibekali dengan propulsi dari New Flyer yang meningkatkan efisiensi, ketahanan, dan performa tinggi.

"D45 CRT Charge menjadi bus listrik kedelapan yang NFI perkenalkan selama dua tahun terakhir. Produk ini mampu memberikan kombinasi yang baik antara performa dan keberlanjutan untuk pengusaha transportasi," ucapnya dalam siaran resmi dikutip Kompas.com, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Keunggulan Bus Listrik Buatan Lokal Dibandingkan Impor CBU


Secara spesifikasi, D45 CRT Charge dibekali baterai berukuran 520 kWh. Hasilnya, D45 CRT Charge bisa menempuh jarak sejauh 250 Km sampai 402 Km dalam kondisi penuh. Waktu pengecasan dari 0 persen sampai 100 persen pun kurang dari 4 jam.

Bagi yang penasaran dengan tenaganya, motor listrik D45 CRT Charge menghasilkan tenaga 320 kW atau 429 Tk dan torsi super besar yakni 4.500 Nm.

Baca juga: Mengapa Mobil Sekarang Banyak Pakai FWD?


Selain itu, D45 CRT Charge punya teknologi canggih yang meningkatkan efisiensi, yakni high-torque electric drive. Sistem tersebut bisa mengantarkan hampir 90 persen energy recovery saat berjalan jauh, terutama di kecepatan jalan tol.

D45 CRT Charge juga tersedia dalam model Low Entry (LE), jadi tetap cocok untuk digunakan di area perkotaan. Sedangkan yang standar, bisa juga sebagai kendaraan antar kota dengan teknologi yang mumpuni.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.