Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Camry dan Honda Accord Seken, Harganya di Bawah Rp 100 Juta

Kompas.com - 05/10/2022, 15:23 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas memang menjadi alternatif bagi yang belum memiliki cukup dana untuk membeli mobil baru. Selain itu, dengan kisaran harga di bawah Rp 100 juta banyak pilihan kendaraan yang bisa dibeli, salah satunya sedan.

Saat ini, sedan memang kurang diminati oleh masyarakat. Kebanyakan dari mereka lebih memilih Low MPV atau LCGC karena bisa memuat lebih banyak penumpang. Pilihan sedan model terbaru pun semakin sedikit.

Selain itu, harga baru sedan yang mahal, serta pajak yang dikenakan juga lebih tinggi dibanding mobil lain, membuat harga jual sedan bekas turun.

Baca juga: PPnBM Berakhir, Harga LCGC Makin Mahal Bulan Ini

Kendati demikian, saat ini sedan bekas sudah dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Seperti contoh sedan mewah dari Toyota, yakni Camy yang dibanderol dengan kisaran harga di bawah Rp 100 jutaan.

Selain Camry, sedan dari pabrikan Jepang lainnya Honda Accord juga dibanderol dengan kisaran yang cukup terjangkau. Hanya saja harga bekas yang ditawarkan sedikit lebih mahal dibanding Toyota Camry.

Tri Bayu Januar, Head of Sales & Marketing Division Mobil88 mengatakan, untuk saat ini konsumen mobil bekas di segmen sedan tahun tua (di atas 10 tahun) masih cukup banyak. Namun, kebanyakan dari mereka membeli sebagai bahan menyalurkan hobi (modifikasi).

Honda Accord lansiran 2003 akan diinvestigasi karena masalah kantung udara.netcarshow Honda Accord lansiran 2003 akan diinvestigasi karena masalah kantung udara.

Mobil bekas tipe sedan khususnya usia kendaraan di atas 10-15 tahun, peminatnya masih ada. Namun lebih banyak untuk kebutuhan hobi atau dream car. Tidak hanya unit product Jepang, namun produk Eropa juga masih banyak peminat,” ucap Bayu saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Bayu melanjutkan, untuk mobil lansiran tahun tua (usia 10 tahun lebih) memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah beberapa part atau komponen yang sudah harus dilakukan peremajaan.

“Sebenarnya unit dengan tahun 10 keatas banyak part yang sudah perlu peremajaan karena pemakaian sebelumnya. Tidak hanya sedan, semua tipe mobil akan mengalami itu,” kata dia.

Baca juga: Tips Merawat Bodi Mobil di Musim Hujan

“Biasanya calon konsumen mobil sedan kisaran tahun 2004, sudah melakukan riset sebelum, terkait apa saja part yang biasanya sudah harus dilakukan peremajaan dan berapa estimasi biayanya,” lanjutnya.

Ia pun melanjutkan, bagi konsumen yang ingin membeli sedan tua sebaiknya sudah menyediakan dana, sebab banyak part yang harus dilakukan. Kemudian beli di tempat terpercaya dan melakukan cek kendaraan di bengkel resmi.

“Sementara untuk sedan tua kategori luxury, selain kondisi exterior kondisi interior juga biasanya menjadi perhatian calon konsumen. Interior yang bersih dan rapi akan membuat mobil itu jadi semakin menarik,” kata Bayu.

Berikut harga sedan bekas di bawah Rp 100 juta:

Toyota Camry
2004 Rp 57 jutaan - Rp 80 jutaan
2006 Rp 70 jutaan - Rp 85 jutaan
2008 Rp 80 jutaan - Rp 95 jutaan

Honda Accord
2004 Rp 55 jutaan - Rp 80 jutaan
2006 Rp 80 jutaan - Rp 99 jutaan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com