Tips Parkir Paralel Pakai Hyundai Creta dan Stargazer

Kompas.com - 05/10/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada kondisi tertentu, mobil memang terpaksa harus diparkir secara paralel. Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah mobil harus bisa didorong agar mudah dipindahkan saat menghalangi jalan.

Pada mobil manual, caranya tinggal menempatkan transmisi di posisi netral dan jangan ditarik rem tangan. Sedangkan untuk mobil matik, beberapa tipe memiliki tombol shift lock yang bisa ditekan untuk pindahkan tuas dari posisi P ke N.

Namun untuk mobil Hyundai terutama Creta dan Stargazer, tidak ada tombol shift lock yang bisa ditekan. Oleh karena itu, cara untuk memindahkan tuas transmisi Creta dan Stargazer saat parkir cukup berbeda.

Baca juga: Mengadopsi Teknologi RN22e, Hyundai Ioniq 5 N Siap Meluncur 2023

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Berdasarkan keterangan resmi dari Hyundai, Rabu (5/10/2022) untuk Hyundai Creta dengan transmisi otomatis, ada langkah-langkah yang harus diikuti agar mobil bisa didorong saat parkir paralel. Pertama adalah non aktifkan fitur Auto-Hold dan electric parking brake.

Kemudian, matikan AC lalu mesin kendaraan. Saat mesin sudah mati, injak pedal rem bersamaan dengan memindahkan transmisi dari P ke N. Ingat, ini cuma bisa dilakukan selama tiga menit setelah mesin mati.

Sedangkan untuk Hyundai Stargazer, memang masih dilengkapi dengan rem tangan mekanik, bukan electric. Untuk cara memindahkan tuas transmisi dari P ke N, langkahnya sedikit lebih sederhana.

Baca juga: Satu Motor Listrik Yamaha E01 Sudah Lulus Homologasi


Pertama, non aktifkan rem tangan dan injak pedal rem, kemudian matikan mesin. Setelah mesin mati, teta injak pedal rem sambil memindahkan transmisi dari P ke N.

Secara sistem, mobil memberikan waktu tiga menit agar pemilik bisa memindahkan posisi transmisi dari P ke N. Jadi langkah ini bisa dilakukan bagi pemilik Hyundai Creta dan Stargazer saat terpaksa parkir paralel.

Pembukaan Diler Baru Hyundai BSD City

Diler Hyundai di BSD Citydok. Hyundai Diler Hyundai di BSD City

PT Hyundai Mobil Indonesia baru saja membuka diler ke-12 di BSD, Selasa (4/10/2022). Pada diler tersebut, hadir juga fasilitas Body & Paint yang lengkap.

Khusus Area Body & Paint yang berada di lantai 3 dengan luas area 1.000 meter persegi. Dilengkapi fasilitas Oven Spray Booth dengan kapasitas 100 unit per bulan dengan rata-rata 4 panel per unit atau 400 panel per bulan. Keunggulan lainnya adalah layanan antar jemput perbaikan mobil dengan driver atau towing apabila diperlukan.

1. Keunggulan Fasilitas Body & Paint
Bengkel Hyundai BSD City melayani perbaikan kerusakan mobil khususnya Body & Paint yang meliputi:
• Body Repair: perbaikan pasca tabrakan, diantaranya menggunakan sistem Spot Welder untuk penarikan bagian body part yang rusak dan Celete Dozer untuk penarikan sasis atau bagian yang rusak.
• Painting & Polishing: sistem pengecatan dan perawatan cat mobil serta menggunakan Spray Booth dengan pemanas. Menggunakan cat solvent terbaik dan tahan lama. Proses ini terdiri dari Pendempulan (bila diperlukan), Masking untuk untuk menutupi bagian yang tidak perlu dicat, Penyemprotan Primer Surfacer, Pencampuran Warna dan Pengecatan.
• Reassembly: pembongkaran dan pemasangan kembali komponen dan ornamen mobil. Perbaikan kendaraan pasca tabrakan atau kecelakaan seperti penyok, baret, perbaikan rangka/panel dan pengelasan. Terdiri dari proses Pembongkaran dan Pengetokan bodi kendaraan.
• Cleaning: pembersihan eksterior serta interior secara menyeluruh dan ruang mesin bila diperlukan. Pemolesan (polishing) yang mengutamakan “Detailing Inspection” sehingga saat keluar kendaraan akan tampak segar dan rapi.
• Final Inspection: kontrol kualitas setelah pengerjaan. Untuk memastikan semua proses dari body repair dan pengecatan serta keseluruhan item berjalan baik maka dilakukan Final Inspection disesuaikan dengan check sheet. Setelah semua item diperiksa dan hasilnya sempurna, maka Service Advisor akan menghubungi pelanggan untuk penyerahan kendaraan.
• Claim Insurance: bekerja sama dengan lebih dari 25 perusahaan asuransi.

Diler Hyundai di BSD Citydok.Hyundai Diler Hyundai di BSD City

2. Penanganan Perbaikan/Pengecatan Hyundai EV, dengan tahapan antara lain:
• Pengamanan Area serta melakukan pemutusan arus listrik dari sistem baterai untuk mencegah malfungsi (error).
• Melakukan Proses persiapan cat sesuai SOP.
• Pemilihan Bahan Material khusus yang cepat kering (fast drying), dikarenakan kendaraan listrik tak boleh terlalu panas suhu oven spray booth dan tak boleh terlalu lama di dalam ruang oven.
• Khusus warna doff atau matte setelah basecoat pada saat mau dilakukan penyemprotan clear coat dipilih tipe bahan yang sesuai.
• Selebihnya dilakukan proses polishing sesuai SOP.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.