Operasi Zebra Digelar Pekan Depan, Ini Pelanggaran yang Diincar

Kompas.com - 29/09/2022, 20:26 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Korlantas Polri akan menggelar Operasi Zebra 2022 mulai awal pekan depan selama 12 hari, sampai 14 Oktober 2022 secara serentak di seluruh wilayah Indonesia.

Mengusung tema 'tertib berlalu lintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas yang presisi', kegiatan tersebut dilakukan tanpa tilang manual.

Artinya seluruh penindakkan tilang akan mengandalkan tilang elektronik alias Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

"Operasi Zebra tahun ini dilarang melaksanakan tilang manual, seluruh tindak penilangan dilaksanakan dengan sistem ETLE statis maupun mobile, juga ada teguran simpatik," kata Kasubbag Ren Ops Bagops Korlantas Polri Ajun Kombes Pol Agung Nugroho dalam keterangan tertulis, Kamis (29/9/2022).

Baca juga: Kriteria Motor yang Bisa Dikonversi Jadi Kendaraan Listrik

Layar pemantau arus lalu lintas di ruang Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Selasa (5/4/2022).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Layar pemantau arus lalu lintas di ruang Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Selasa (5/4/2022).

Nantinya Operasi Zebra 2022 akan menyasar sejumlah pelanggaran lalu lintas, baik yang dilakukan pengendara roda dua maupun roda empat.

Kemudian polisi juga akan menertibkan kendaraan yang menggunakan rotator atau sirine, serta kendaraan yang menggunakan pelat nomor 'dewa' yang bukan peruntukannya.

“Dalam pelaksanaan Operasi Zebra nantinya diharapkan dilakukan dengan sebaik-baiknya, berikan tindakan yang simpatik, melayani masyarakat, membantu masyarakat,” kata Agung.

Baca juga: Operasi Zebra 2022 Digelar Tanpa Tilang Manual

Berikut adalah daftar pelanggaran yang menjadi sasaran polisi dalam Operasi Zebra 2022:

1. Berkendaraan di bawah pengaruh alkohol
2. Kendaraan roda empat atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan
3. Sepeda motor yang tidak dilengkapi perlengkapan standar
4. Melawan arus
5. Tidak menggunakan helm
6. Menggunakan ponsel saat mengemudi
7. Melebihi batas kecepatan
8. Tidak menggunakan sabuk pengaman

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.