Penyebab Perpindahan Tuas Transmisi Mobil Manual Berisik

Kompas.com - 28/09/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Transmisi manual pada mobil masih menjadi pilihan beberapa orang dalam membeli mobil. Selain tenaganya yang lebih terasa, katanya komponennya lebih bandel, hal itu yang membuat transmisi manual banyak dipilih masyarakat.

Namun, dalam pengoperasiannya, mobil dengan transmisi manual lebih ribet karena membutuhkan keahlian khusus. Selain itu, pengendara juga bakal sering memainkan pedal kopling terutama di jalanan yang padat.

Selain itu, saat perpindahan percepatan dengan memainkan tuas transmisi terkadang suaranya kasar. Kejadian tersebut hanya sesekali saja biasanya, setelah itu suara halus kembali. Lantas, kejadian tersebut apakah normal atau tidak?

Baca juga: Ketahui Penyebab Pedal Kopling Mobil Transmisi Manual Jadi Berat

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Foreman Nissan Bintaro Ibrohim, mengatakan perpindahan tuas transmisi manual tidak selamanya lancar, kadang bisa agak tersangkut karena mekanisme di dalamnya memang terdiri dari roda-roda gigi yang saling bertaut.

“Suara keras saat perpindahan tuas transmisi manual biasanya terjadi kadang-kadang saja, itu termasuk normal, karena ketika tuas digerakkan itu sama saja pengendara menggeser roda gigi, kalau pas persinggungannya kurang pas ya pasti seperti nyangkut dan biasanya bisa dengan agak dipaksa, maka dari itu timbul bunyi keras,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, Rabu (28/9/2022).

Dia mengatakan suara keras tersebut biasanya akan lebih sering terdengar ketika mobil sedang berhenti, karena posisi tersebut memungkinkan roda gigi sedang berhenti.

Baca juga: Mana yang Lebih Irit BBM, Mobil dengan Transmisi Manual atau Matik?

Pergantian kampas kopling, transmisi girboks turun keseluruhan Dicky Aditya Wijaya Pergantian kampas kopling, transmisi girboks turun keseluruhan

“Ketika mobil berhenti, biasanya akan lebih sering terdengar suara kerasnya saat perpindahan gigi, itu karena kondisi roda gigi di dalam transmisi sedang tidak berputar, jadi peluang persinggungannya tidak pas akan semakin besar,” ucap Ibrohim.

Dia mengatakan ketika mobil melaju, perpindahan roda gigi akan terasa lebih halus karena dibantu dengan komponen yang bernama sinkromes.

“Sinkromes merupakan kopling sederhana yang bertugas menyelaraskan putaran roda gigi yang hendak terhubung, sehingga perpindahannya lebih lembut dan mudah” ucap Ibrohim.

Baca juga: Kenapa Kebanyakan Kendaraan Niaga Menggunakan Transmisi Manual?

Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Sihondanews.com Transmisi manual 6-speed milik Honda Civic Si

Jadi, penyebab suara keras saat memindahkan tuas transmisi manual adalah hal yang wajar terutama saat kendaraan berhenti. Itu merupakan peluang yang bisa terjadi ketika pertautan antar roda gigi yang akan bersatu tidak pas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.