Kompas.com - 26/09/2022, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Aprilia RS250 disebut sebagai salah satu sepeda motor 2-tak kelas 250cc terbaik yang pernah diliris oleh Aprilia. Sampai saat ini nama RS250 masih masyhur sebagai collectible item.

Muncul rumor bahwa Aprilia akan meneruskan RS250, tetapi bukan bermesin 2-tak melainkan 4-tak. Sebab, Aprilia tercatat mendaftarkan mesin baru oleh mitra Aprilia China, Zongshen-Piaggio.

Baca juga: Turing ke Desa Wisata yang Ramah Berkendara

Mesin 250cc, 2-silinder, DOHC, yang ditengarai merupakan versi baru Aprilia RS250.Foto: Bikesrepublic Mesin 250cc, 2-silinder, DOHC, yang ditengarai merupakan versi baru Aprilia RS250.

Berdasarkan gambar yang diterbitkan oleh CycleWorld, mesin tersebut ialah mesin 250cc, 2-silinder, DOHC. Mesin memakai drive cam di tengah atau antara silinder yang tampak tidak biasa.

Analisisnya ialah Aprilia mengejar kepala silinder kompak yang membantu mengurangi kelenturan pada poros bubungan dan poros engkol, dan mengejar rentang putaran yang lebih tinggi.

Baca juga: Komunitas Honda ADV150 dan ADV160 Turing ke Subang

2020 Aprilia RS250 SPFoto: Bikesrepublic 2020 Aprilia RS250 SP

Rumor Aprilia akan menghidupkan RS250 4-tak 2-silinder ini semakin kuat karena sebelumnya Aprilia sudah memiliki GPR250R buatan Zonghsen yang dijual di Asia dengan mesin satu silinder.

Dikutip dari Bikesrepublic, prediksi prematur menyebut mesin 250cc dua silinder 4-tak itu akan menggunakan nama GPR250RR untuk wilayah Asia, sedangkan nama RS250 akan dihidupkan kembali di Eropa dan AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.