Apa Benar Mobil Berusia 5 Tahun Lebih Wajib Pakai Oli Gardan Kental?

Kompas.com - 25/09/2022, 17:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Mobil berusia di atas 5 tahun biasanya dianggap sudah mengalami penurunan performa.

Salah satunya adalah komponen gardan mobil. Tugas menyalurkan tenaga mesin untuk langsung di teruskan ke bagian roda dianggat tak lagi optimal. 

Gardan yang bermasalah, biasanya di tandai bunyi suara dengung dan timbul getaran karena komponen mekanis, terutama gigi dan gir aus. Alhasil, putaran jadi berat lantaran tidak presisi. 

Kemudian, pemilik mobil berekesperimen dengan penggunaan oli gardan lebih kental. Tujuannya, menghilangkan bunyi dengung.

Sebab, oli kental dianggap mampu mengurangi gesekan berlebihan. Lantas apakah hal itu benar? 

Baca juga: Begini Cara Deteksi Kerusakan Gardan Mobil

Menurut Kepala Bengkel Nissan Setyabudi Semarang Andika Herda Permana, oli gardan di luar spesifikasi pabrikan apalagi lebih kental, justru berdampak negatif bagi komponen gardan. 

"Memang bunyi dengung otomatis langsung hilang, tapi ada dampak kurang baik pas awal-awal ganti. Ada komponen yang tidak terlumasi sempurna, biasanya ring gigi pinion dan gigi satelit. Sulit di jangkau oleh oli viskositas tinggi, gesekan terjadi dengan kondisi minim pelumasan," ucap Andika kepada Kompas.com, Minggu (25/9/2022). 

Putaran awal gardan, oli baru akan turun sedikit dan perlahan masuk melumasi komponen mekanikal. 

Ilustrasi pergantian oli gardan trucktrend.com Ilustrasi pergantian oli gardan

Gerakkan mekanis seperti halnya dipaksa tersebut, dalam waktu lama tentu berpengaruh pada gigi dan gir. 

"Komponen yang saling berhubungan dan bergerak itu jadi lebih cepat panas. Gesekan antar logam, ujung gigi dan gir berpeluang habis bersamaan," katanya. 

Baca juga: Salah Kaprah, Perawatan Mobil Matik Tidak Perlu Kuras Oli Transmisi

Untuk pergantian, Andika mengatakan, wajib setiap 10.000 kilometer (km). Umumnya, untuk mobil seperti MPV, sedan, dan city car atau mobil kecil, disarankan menggunakan oli multigrade yaitu dengan spesifikasi SAE 75-90 atau 80W90.  

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.