Daftar Harga Honda BeAT Bekas, Mulai Rp 5 Jutaan

Kompas.com - 21/09/2022, 17:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sepeda motor matik (skutik) keluaran PT Astra Honda Motor (AHM), Honda BeAT, masih menjadi salah satu skutik yang banyak ditemui di jalan saat ini. 

Sebelumnya, skutik ini bahkan diklaim sebagai skutik Honda terlaris di dunia, terjual hingga lebih dari 17 unit secara nasional per tahun 2020.

Generasi pertama BeAT meluncur pada tahun 2008. Dulu, skutik ini mengusung mesin 110 cc SOHC dan masih menggunakan sistem pembakaran karburator.

Baca juga: Perbandingan Harga Isi Bensin Penuh Honda Beat dan Yamaha Fazzio

Namun pada 2010, diberikan ubahan minimalis dan model spakbor, awalnya menyatu dengan suspensi, saat itu diganti jadi menggantung.

Suksesnya model perdana membuat AHM kemudian meluncurkan generasi kedua BeAT pada 2012, dengan perubahan yang cukup signifikan baik dari sisi desain maupun performa motor.

Tidak lagi memakai karburator, BeAT generasi kedua memakai injeksi dengan menyematkan Programmed Fuel Injection atau yang dikenal sebagai BeAT PGM-FI. Ini diklaim membuat konsumsi bahan bakar BeAT menjadi lebih irit.

AHM perkenalkan All New Honda BeATDonny Dwi/Kompas.com AHM perkenalkan All New Honda BeAT

Generasi ketiganya meluncur pada 2014 dengan sejumlah ubahan dan tambahan teknologi, salah satunya adalah Enhanced Smart Power atau eSP, yang diklaim menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang.

Pada 2016, meluncur generasi keempat BeAT sekaligus merayakan pencapaian terjualnya 10.724.227 unit BeAT sejak peluncuran pertamanya pada tahun 2008. Pada generasi baru tersebut, bagasinya dibuat lebih lapang serta kapasitas tangkinya menjadi 4 liter.

Kemudian pada 2020, generasi kelimanya meluncur dengan mesin berkubikasi 109,5 SOHC, tenaga 9 PS dan torsi 9,3 Nm.

Baca juga: Menanti Motor Listrik Murah Honda

Bagi yang tertarik dengan skutik Honda BeAT, saat ini unit bekasnya juga mudah ditemukan dengan harga yang terbilang cukup terjangkau. Berdasarkan pantauan Kompas.com di sejumlah bursa motor bekas daring, berikut ini kisaran harga BeAT seken berdasarkan tahunnya:

  • Honda BeAT tahun 2008, harga Rp 5 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2010, harga Rp 7 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2014, harga Rp 9 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2016, harga Rp 9 jutaan
  • Honda BeAT tahun 2020, harga Rp 15 jutaan

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.