Kompas.com - 20/09/2022, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Honda New CBR250RR telah resmi diluncurkan, Senin (19/9/2022). Untuk versi paling tinggi SP-Quick Shifter dibanderol Rp 79,2 juta OTR Jakarta.

Jika Anda tertarik membeli motor sport yang satu ini, perlu diperhatikan juga besaran pajak tahunan yang harus dibayar. Berikut ini contoh rincian pajak tahunan untuk Honda CBR 250RR tahun 2020.

Untuk Bea Balik Nama Kendaraan bermotor (BBNKB) Honda CBR250 SP- Quick Shifter yaitu Rp 5.837.000, 10 persen dari harga OTR atau yang tertera di faktur kendaraan baru.

Baca juga: Begini Ubahan Mesin dan Suspensi pada Honda New CBR250RR

Ilustrasi STNK, pemutihan pajak bebas kendaraan Jawa TengahKOMPAS.com/SRI LESTARI Ilustrasi STNK, pemutihan pajak bebas kendaraan Jawa Tengah

Ada pun biaya administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sebesar Rp 60.000, dibayar 5 tahun sekali ketika mengganti kaleng pelat nomor.

Sementara itu ada juga biaya pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebesar Rp 100.000 setiap pembuatan STNK baru.

Sedangkan biaya pajak yang harus dibayarkan setiap tahun adalah Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ditambah Sumbangan Wajib dan Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ) sebesar Rp 934.000 dan Rp 35.000, sehingga totalnya sampai Rp 969.000.

Baca juga: Honda CBR250RR Datang dengan Mesin Baru, Tantang ZX-25R dan R25

Honda CBR 250 RRKompas.com/Erwin Setiawan Honda CBR 250 RR

Jadi, pajak tahunan untuk Honda CBR 250RR tahun 2020 hampir menyentuh Rp 1 juta. Nah, itu lah besaran biaya pajak yang perlu diketahui sebelum memutuskan untuk membeli Honda CBR 250RR.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.