Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oli Ipone Asal Perancis, Bidik Segmen Motor Premium

Kompas.com - 16/09/2022, 13:52 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Banyak yang mengira oli Ipone berasal dari Jepang lantaran logo yang dipakai identik dengan bendera Negeri Matahari Terbit. Padahal Ipone merupakan merek oli asal Perancis yang memasarkan pelumas khusus roda dua.

Tercatat, Ipone mulai memasarkan pelumasnya di Indonesia sejak 2017. Hingga kini pasar oli Tanah Air diklaim mengalami peningkatan, seturut juga dengan permintaan oli Ipone dalam lima tahun terakhir.

Patrick Woerter, Export Sales Director Ipone Oil, mengatakan, Indonesia adalah pasar yang besar dan potensial. Meskipun oli Ipone dikirim langsung dari Perancis, dan tidak diproduksi lokal, ia optimistis bisa diterima konsumen.

Baca juga: Hyundai Redam Keresahan Cacat Produksi Ioniq 5 via Media Sosial

Pilihan oli Ipone buat motor matikDok. Ipone Oils Pilihan oli Ipone buat motor matik

“Berdasarkan volume, kami memproduksi 5 juta liter setahun. Kami memasarkan untuk 75 negara, di Eropa kami cover semua pasar. Sementara pasar Asia di bawah 1 persen,” ujar Woerter di Kawasan Depok, Jawa Barat (15/9/2022).

“Hanya di Indonesia kami estimasi pasar oli motor mencapai 500 juta liter. Sedangkan Ipone hanya produksi 5 juta liter. Kami sangat percaya diri berkompetisi dengan produk lain,” kata dia.

Woerter juga mengatakan, pihaknya bakal mengedepankan komunitas roda dua untuk berkompetisi dengan merek lain. Menurutnya, Ipone kuat dengan jaringan sosial karena tumbuh bersama komunitas dan konsumen.

Baca juga: Konversi Vespa dan Bebek Jadi Motor Listrik, Mulai Rp 14 Jutaan

“Produk kami sudah digunakan banyak kompetisi seperti MXGP, Rookies Cup, dan lain-lain. Jika produk kami bagus untuk balapan, maka cocok juga sehari-hari,” ucap Woerter.

“Ketika konsumen memutuskan menggunakan produk berkualitas tertinggi, Anda akan merasaskan bedanya pada motor ketika mesin lebih halus, ketika mengganti gigi, anda akan merasakan bedanya,” tutur dia.

Sementara itu, Direktur Utama PT Asia Tranzmark Racing (ATR) Roy Darmaputra, selaku distributor resmi oli Ipone mengatakan, oli Ipone menggunakan synthetic esther base oil serta tersedia dalam semi synthetic dan full synthetic.

Baca juga: 4 Kebiasaan Buruk Bikin Kampas Kopling Habis Duluan

Ilustrasi oli Ipone yang menjadi sponsor ajang balap MXGP.Twitter @mxgp Ilustrasi oli Ipone yang menjadi sponsor ajang balap MXGP.

Oli Ipone menjadi sponsor dalam ajang balap MXGPTwitter @mxgp Oli Ipone menjadi sponsor dalam ajang balap MXGP
Main volume kami di 4 tak dan 2 tak, tipe R4000 (motor sport 4 tak) dan R2000-RS (motor 2 tak). Oli paling diminati R4000 ini porsinya 60 persen, R2000-RS kedua, dan ketiga oli matik Scoot4,” kata Roy, pada kesempatan yang sama.

Roy mengatakan, oli motor sport memang masih jadi yang paling diminati lantaran konsumennya banyak datang dari komunitas motor 4 tak.

Tidak hanya berasal dari konsumen harian, tapi juga penyuka balap, baik itu motor berkubikasi kecil hingga sekelas moge.

“Karena kita relatif baru, baru lima tahun. Tapi yang Scoot4 (oli matik) sedang tumbuh pasarnya. Harga mulai dari Rp 150.000 sampai yang oli balap itu Rp 385.000, dalam kemasan satu liter,” ucap Roy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com