Kompas.com - 15/09/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Kebiasaan mengemudi yang salah berdampak buruk terhadap usia pakai komponen. Salah satunya seperti kampas kopling pada mobil transmisi manual. 

Dengan kondisi kampas kopling yang aus, membuat tenaga mobil otomatis loyo, terlebih jika melewati medan tanjakan. Bahkan, mobil bisa gagal menanjak. 

Tak hanya itu, kerusakan komponen kopling bisa merembet dan menyebabkan bagian utama kopling lainnya, seperti cover clutch dan matahari kopling ikut terpengaruh. 

Lantas gaya mengemudi seperti apa yang menyebabkan kampas kopling berusia pendek?  

Baca juga: Ketahui Penyebab Pedal Kopling Mobil Transmisi Manual Jadi Berat

  • Oper Gigi 

Ilustrasi tuas transmisi manual mobil ToyotaJames Gilboy/thedrive.com Ilustrasi tuas transmisi manual mobil Toyota
Mengemudi mobil manual, memang memiliki seni tersendiri lantaran pengendara memegang kontrol penuh pada percepatan perpindahan gigi.  

Namun demikian, perpindahan gigi yang salah bisa berdampak buruk terhadap usia pakai komponen kopling. Misal melakukan dengan kasar yang membuat kondisi kampas gosong, sebab gigi transmisi dan kopling belum terhubung dengan baik. 

Menurut Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto, karena tenaga mesin masuk transmisi belum semuanya namun dipaksa mentransfer ke gardan, yang dirasakan perpindahan gigi akan terasa menyentak.

"Hentakan pas lepas kopling itu berpengaruh usia kampas kopling. Seperti ada yang tertahan. Teknisnya, kampas kopling dan gear shaft sama-sama beradu sebelum waktunya," ucap Bambang kepada Kompas.com, Kamis (15/9/2022). 

  • Setengah Kopling

Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.Youtube/Maxresdefault Posisi kaki kiri tengah menginjak kopling saat mengendarai mobil bertransmisi manual.

Pengemudi sering menggunakan teknik ini dalam menahan laju mobil saat berhenti di lampu merah atau tanjakan. Alasannya, simpel stop and go jadi lebih gampang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.