Kompas.com - 07/09/2022, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil listrik masih belum banyak diterima oleh masyarakat luas. Sebab, harganya yang masih terbilang tinggi. Tapi, Honda ternyata sudah mengetahui solusinya.

Dikutip dari Carbuzz.com, Rabu (7/9/2022), solusi yang dimaksud adalah baterai solid-state. Teknologi ini merupakan baterai mobil listrik berisi kimia berbentuk padat.

Baca juga: Toyota Investasi Pabrik Baterai Mobil Listrik Rp 78,2 Triliun

Banyak pabrikan otomotif sekarang ini memandang baterai solid-state sebagai langkah untuk maju. Honda merupakan pabrikan terkini yang mengembangkan teknologi tersebut.

Baterai solid-stateDok. Electrek.co Baterai solid-state

Menurut Honda, dengan penggunaan baterai solid-state, mobil listrik bisa memiliki harga yang bersahabat. Teknologi ini bisa menjadi perubahan yang besar.

Belum banyak yang membicarakan kelebihan baterai solid-state. Padahal, baterai yang menggunakan material keramik padat ini bisa pengecasannya bisa lebih cepat. Selain itu, jarak tempuh juga lebih jauh dan mengurangi risiko terbakar.

Baca juga: Pertamina Mulai Bisnis Swap Baterai Motor Listrik

Sayangnya, teknologi ini masih jauh sampai masuk ke tahap produksi. Sementara itu, Honda sudah berinvestasi 310 juta dolar AS untuk program tersebut.

Acura Precision EVDok. Carbuzz.com Acura Precision EV

Jepang dilaporkan akan mulai memproduksi baterai solid-state pada 2024. Komponennya tidak akan digunakan pada kendaraan sekarang ini. Tapi, proyek tersebut akan membuat Honda bisa mengevaluasi performa dan kemampuan produksi.

Selain Honda, beberapa pabrikan yang mulai fokus pada pengembangan baterai solid-state adalah Toyota, Ford, dan BMW.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.