Ada Aksi Demo, Hindari Kawasan Patung Kuda dan Gedung DPR

Kompas.com - 06/09/2022, 13:26 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Imbas kenaikan harga BBM subsidi pada akhir pekan lalu, sejumlah massa menggelar aksi memprotes kenaikan banderol bensin di Patung Kuda dan Gedung DPR, Jakarta Pusat pada Selasa (6/9/2022).

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengatakan, pihaknya bakal melakukan rekayasa lalu lintas berupa buka tutup jalan apabila dibutuhkan.

"Rekayasa lalin kita tentatif kita lihat situasional. Sekira tidak dibutuhkan ya tidak akan kita tutup," ujar Komarudin dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Resmi, Balapan MotoGP Bakal Berlangsung di Arab Saudi

Jalan Medan Merdeka Barat, atau kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, belum dilakukan penutupan setelah adanya rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa pada Senin (5/9/2022).kompas.com/REZA AGUSTIAN Jalan Medan Merdeka Barat, atau kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, belum dilakukan penutupan setelah adanya rencana aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa pada Senin (5/9/2022).

"Tapi sekira nanti memang jumlah massanya diperkirakan bisa menutup Jalan Gatot Soebroto, ya akan kita tutup khususnya yang dari Semanggi menuju Slipi," kata dia.

Seperti diketahui, sejak Senin (5/9/2022) kemarin, elemen buruh dan mahasiswa sudah menggelar aksi memprotes kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Sejumlah titik disiagakan personel kepolisian. Selain mengamankan demo, personel juga diturunkan untuk mengatur lalu lintas agar tetap lancar.

Baca juga: Harga Vivo Ikutan Naik, Ini Daftar Harga BBM per September 2022

“Ada sembilan titik demo dari 19 elemen massa,” kata Kasat Lantas Wilayah Jakarta Pusat Kompol Purwanta, disitat dari Korlantas Polri (5/9/2022).

Meski begitu, Purwanta tidak merinci titik demo tersebut di mana saja. Namun, titik aksi massa nantinya terpusat di Gedung DPR dan kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat.

Oleh sebab itu, masyarakat diminta untuk menghindari kawasan tersebut. Bagi yang ingin menuju Slipi dari arah Semanggi, mungkin bisa menuju kawasan Bendungan Hilir sebagai alternatif atau memutar lewat Permata Hijau.

Sementara bagi pengendara yang ingin menuju kawasan Gajah Mada dari arah Sudirman, bisa memilih Jalan Cideng atau Gunung Sahari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.