Jadi Buruan, Suzuki Thunder 250 Orisinal Tembus Rp 30 Jutaan

Kompas.com - 04/09/2022, 17:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Suzuki Thunder 250 barangkali tidak begitu banyak dilirik konsumen Indonesia saat diproduksi pada rentang 1999 hingga 2005.

Bisa dibilang konsumen motor naked di Tanah Air lebih banyak menggemari Honda Tiger atau Yamaha Scorpio yang notabene punya kapasitas mesin lebih kecil.

Meski begitu, saat ini masih banyak yang memburu Suzuki Thunder 250. Salah satunya dalam ajang Otobursa Tumplek Blek 2022.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP San Marino 2022, Jack Miller Pole Position

Suzuki Thunder 250 warna ungu di Otobursa Tumplek Blek 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Thunder 250 warna ungu di Otobursa Tumplek Blek 2022

Motor ini cukup menarik perhatian pengunjung, lantaran mengusung dua header knalpot. Padahal konfigurasi mesin cuma satu silinder.

“Ini Thunder 250 tahun 2005 warna ungu, salah satu yang banyak dicari. Buka harga Rp 31 juta, nego tipis,” ujar Arif, salah seorang penjaga stan SR Motor di Tumplek Blek, kepada Kompas.com (4/9/2022).

“Yang tanya-tanya cukup banyak, terakhir ditawar Rp 27 juta, tapi belum kita lepas. Bila tertarik bisa sambangi SR Motor di Srengseng, Jakarta Barat, atau hubungi Instagram kita @srmotor_007,” kata dia.

Baca juga: Alasan Pemerintah Menaikan Harga BBM Pertalite, Solar, dan Pertamax

Tampilan Thunder 250 memang berbeda dibandingkan motor naked kebanyakan. Motor ini punya ukuran blok mesin yang lebih besar daripada motor satu silinder lainnya.

Kemudian posisi berkendara yang ditawarkan juga terlihat cukup nyaman, dengan setang tinggi, serta pijakan kaki yang agak maju.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, mungkin tak istimewa karena masih pakai jari-jari khas motor tahun 1990-an, serta sokbreker belakang model ganda. Tapi modelnya terlihat besar dan kokoh.

Baca juga: Tanggapan Pengguna Mobil Retro Soal Kenaikan Harga BBM

Suzuki Thunder 250 warna ungu di Otobursa Tumplek Blek 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Suzuki Thunder 250 warna ungu di Otobursa Tumplek Blek 2022

Urusan pengereman, depan sudah cakram, sementara belakang masih teromol. Meski terkesan sederhana, kualitas material motor ini patut diacungi jempol, padahal usianya sudah sekitar 17 tahun.

Di atas kertas, Suzuki Thunder 250 mengusung mesin 249 cc SOHC 4 katup berteknologi TSCC yang masih menggunakan karburator.

Mesin tersebut sanggup hasilkan tenaga 22 tk pada 7.500 rpm dan torsi 21 Nm pada 6.500 rpm. Dapur pacu ini dikombinasikan dengan transmisi manual 5-percepatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.