Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Ada Valentino Rossi, Jumlah Penonton MotoGP San Marino Menurun

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kali pertama, MotoGP San Marino digelar tanpa Valentino Rossi. Setelah Rossi pensiun, terlihat jumlah penonton di Sirkuit Misano mengalami penurunan.

Dikutip dari Speedweek.com, Senin (5/9/2022), bahkan beberapa tribune tidak terisi dengan penuh. Khususnya, pada saat sesi latihan bebas Jumat dan Sabtu.

Tercatat jumlah penonton yang hadir pada Minggu hanya mencapai 56.981 orang. Jika ditotal dari Jumat hingga Minggu, jumlahnya hingga 101.140 orang.

Sedangkan pada musim 2019, jumlah penonton mencapai 158.300 orang. Penurunan mungkin saja bukan hanya karena pensiunnya seorang Valentino Rossi, melainkan karena masih berstatus pandemi.

Luca Marini, adik Rossi, mengatakan, jumlah penonton di Misano tidak begitu buruk. Dia masih ingat situasi yang serupa di masa lalu ketika kakaknya masih balapan. Bahkan, menurut dia, lebih buruk di Mugello.

"Menurut saya, ini masih awal, permulaan dari era baru untuk pebalap Italia. Vale sudah membuat kagum penonton selama bertahun-tahun, saat itu MotoGP di Italia masih bisa ditonton gratis di televisi," kata Marini.

Pebalap Mooney VR46 Racing Team tersebut menambahkan, atas dasar alasan tersebut, Rossi bisa menjangkau banyak orang di Italia. Namun, menurut dia, ini semua hanya tinggal masalah waktu sampai penonton Italia memenuhi sirkuit.

"Semua pebalap Italia perlu berada di baris terdepan setiap seri dan mencoba untuk menang sebanyak mungkin. Kami butuh sebanyak mungkin juara. Lalu, Italia akan kembali penuh, tapi begitu pula di seluruh dunia," kata Marini.

Menurut dia, olahraga ini sudah semakin spektakuler dari waktu ke waktu. Balapan pada MotoGP San Marino mungkin saja membosankan bagi sebagian orang, tetapi kecepatannya luar biasa.

"Balapan tidak pernah seperti ini sebelumnya, khususnya tidak di Misano, balapan menjadi semakin sulit setiap tahun. Jadi, pertunjukannya sudah bagus, kita hanya perlu menunggu hingga kita bisa menyentuh hati semua penggemar. Dalam beberapa tahun lagi, semua tribune akan penuh," ujarnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/09/05/152959515/tak-ada-valentino-rossi-jumlah-penonton-motogp-san-marino-menurun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke