Kompas.com - 04/09/2022, 11:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Enea Bastianini kembali memberikan kejutan. Pebalap Gresini Racing ini nyaris mendapatkan pole position. Meski demikian, Bastianini masih mendapat posisi start dari barisan terdepan.

Bastianini menyelesaikan sesi kualifikasi di posisi ketiga. Tapi, dia diuntungkan dengan naik satu posisi. Sebab, calon rekan setimnya, Francesco Bagnaia, diberi penalti dengan turun tiga posisi start.

Baca juga: Terkendala Teknis, Gresini Racing Nyaris Podium di MotoGP Austria

Sehingga, dia berpeluang untuk menang pada MotoGP San Marino di Sirkuit Misano. Pasa seri sebelumnya, Bastianini juga punya peluang besar untuk menang jika saja tidak mengalami kendala teknis pada motornya.

Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022Dok. Gresini Racing Enea Bastianini saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022

Bastianini mengatakan, dirinya sangat puas setelah melewati kondisi yang bisa membuat timnya mengalami banyak kendala. Bertaruh menggunakan kompon slick meskipun permukaan lintasan masih basah, terutama di kerb, dia pun mencoba nekat di beberapa bagian sirkuit.

“Saya suka melakukan pengereman kuat dan telat, tentunya ini tak semudah dibayangkan. Kami harus seberani mungkin untuk bisa finis dengan pembalap terdepan dan kita berusaha untuk melakukannya," ujar Bastianini, dalam keterangan resminya.

Baca juga: Bastianini Pole Position, Peluang Gresini Racing Naik Podium

Sementara itu Fabio Di Giannantonio mengakui mengalami pengembangan berbanding latihan hari pertama, performa motor lebih banyak peningkatan.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP San Marino 2022

“Kami nyaris masuk sesi kualifikasi Q2, karena itu merupakan target kami. Posisi 14 bukanlah bencana, laju motor sangat bagus, namun kita harus lebih tepat dalam pemilihan ban,” kata pebalap yang akrab disapa Diggia tersebut.

Diggia menambahkan, akan melakukan penyempurnaan terakhir di sesi warm-up untuk menganalisa kemungkinan perubahan cuaca.

Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Austria 2022Dok. Gresini Racing Fabio Di Giannantonio saat berlaga pada MotoGP Austria 2022

Tim yang disponsori oleh Federal Oil ini berkesempatan menambah poin di klasemen. Begitu pula Bastianini juga bisa menambah peluang untuk memperbaiki peringkatnya di klasemen.

Saat ini, Bastianini ada di peringkat keenam dengan total 118 poin. Sedangkan Diggia, ada di peringkat ke-20 dengan mengantongi 23 poin. Keduanya akan berusaha bikin bangga Indonesia dengan memetik tambahan poin di klasemen sementara Juara Dunia MotoGP 2022.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.