Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Pastikan Ketersediaan Stok BBM Subsidi Aman

Kompas.com - 03/09/2022, 15:02 WIB
Serafina Ophelia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPertamina Patra Niaga Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) memastikan ketersediaan stok Pertalite, Solar, serta distribusinya ke SPBU.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan bahwa ketersediaan stok dan penyaluran Pertalite dan Solar sangat penting, mengingat konsumsinya saat ini adalah 85 persen dari total konsumsi BBM nasional.

Baca juga: Harga BBM Pertalite, Solar, dan Pertamax Resmi Naik

“Jadi saat ini kondisinya adalah sebuah kombinasi, yakni meningkatnya rata-rata konsumsih arian masyarakat serta tingginya porsi konsumsi Pertalite dan Solar secara nasional. Kebutuhan yang sangat besar ini harus diimbangi dengan ketersediaannya, dan Pertamina berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan ini,” ucap Irto dalam keterangan resminya, Sabtu (3/9/2022).

Saat ini, ketersediaan stok Pertalite dan Solar terhitung per 2 September berada di angka yang aman.

Kenaikan harga BBM subsidi dinilai bisa memperlebar kesenjangan sosial.KOMPAS.com/Nur Jamal Sha'id Kenaikan harga BBM subsidi dinilai bisa memperlebar kesenjangan sosial.

Rinciannya, Pertalite di level 18 hari, Solar di level 20 hari, dan terus diproduksi hingga saat ini. Proses produksinya akan terus dimonitor melalui Pertamina Integrated Enterprise Data and Center Command (PIEDCC) secara real time.

“Melalui PIEDCC, Pertamina dapat mengambil langkah-langkah yang tepat dalam memastikan ketersediaan stok BBM hingga di SPBU. Misal, stok di salah satu SPBU sudah menipis, kami bisa mengalihkan distribusi dan menjadikan SPBU itu sebagai prioritas, jadi masyarakat jangank hawatir dan kami imbau untuk tidak melakukan pembelian berlebihan,“ ucap dia.

Baca juga: Luhut Sebut Kenaikan Harga BBM Tinggal Tunggu Pengumuman Presiden

Ke depannya, diharapkan bahan bakar bersubsidi digunakan oleh pihak masyarakat yang berhak.

“Harapannya adalah Pertalite dan Solar benar-benar dinikmati masyarakat yang membutuhkan. Jika melihat adanya indikasi penyalahgunaan atau kecurangan, masyarakat dapat melaporkan langsung ke aparat yang berwenang,” ujar Irto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com