Punya Banyak Fitur, Kenapa Stargazer Masih Pakai Rem Tangan Manual?

Kompas.com - 03/09/2022, 14:42 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Datang sebagai pemain baru di segmen low multi purpose vehicle (LMPV), Hyundai Stargazer tak hanya menyajikan suasana segar dengan desain yang beda dari kompetitor, tapi juga deretan fitur menarik untuk memanjakan calon konsumennya.

Namun di balik sajian fitur berteknologi canggih, serta kemewahan yang ada, ternyata ada beberapa yang masih menerapkan konsep lawas.

Salah satunya penggunaan rem tangan yang belum mengaplikasi electric parking brake, alias masih konvensional dibanding rivalnya, seperti Xpander atau Veloz.

Hal ini tentu menimbulkan kesan tanggung, lantaran untuk ragam fitur lain yang disematkan Hyundai pada Stargazer sudah cukup canggih, contoh seperti SmartSense dan lain sebagainya.

Baca juga: Kode Hyundai untuk MPV Listrik di Indonesia

Penggunaan electric parking brake sendiri tak hanya memberikan kesan mewah, tapi juga kemudahan. Prosesnya tak perlu ribet menarik handle, cukup menggunakan ujung jari untuk pengereman atau rilis roda.

Dasbor Hyundai StargazerKOMPAS.com/Adityo Wisnu Dasbor Hyundai Stargazer

Meski demikian, pabrikan asal Korea Selatan ini punya alasan kenapa belum menyediakan electric parking brake pada "jagoan" barunya yang didapuk bakal menjadi tulang punggung penjualan di Indonesia.

Bonar Pakpahan, Product Expert Hyundai Mobil Indonesia (HMID) HMID mengatakan, masih digunakannya rem tangan konvensional pada Stargazer karena mempertimbangkan beberapa hal dasar yang sudah melalui pengkajian riset internal.

"Ketikan dirancang pertama kali, desainer Hyundai bersama rekan-rekan engineer, pada saat melakukan riset pasar Indonesia dalam rangka pembuatan mobil ini pastinya mereka sudah mempertimbangan berbagai faktor," ujar Bonar, di sela-sela media test drive Stargazer di Malang, Jawa Timur, Jumat, (2/9/2022).

Baca juga: Rumors Innova Hybrid Meluncur di Tanah Air dalam Waktu Dekat

Bonar menjelaskan, pertimbangan berasal dari beragam hal. Seperti, gaya hidup konsumen di segmen tersebut, bagaimana konsumen dalam pemakaian mobil sehari-hari, termasuk bagaimana pertimbangan menggunakan mobil itu sendiri.

Pertimbangan tersebut kemudian dievaluasi lagi untuk melihat koneksinya satu persatu guna dilihat bagaimana kebutuhannya.

Hyundai StargazerHMID Hyundai Stargazer

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.