Kompas.com - 30/08/2022, 07:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perpanjangan masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM) saat ini lebih mudah karena ada beberapa opsi, secara daring atau dengan mendatangi layanan Satuan Pelayanan Administrasi (Satpas) keliling atau kerap berjuluk Samsat keliling.

Pemilik SIM tidak perlu datang ke kantor Satpas SIM setempat. Jadwal pelayanan Satpas SIM keliling bisa dilihat di laman resmi NTMC Polri atau dengan melalui akun twitter @tmcpoldametro.

Baca juga: Kisaran Kenaikan Harga BBM Pertalite

Jenis SIM yang bisa diperpanjang dengan layanan ini hanyalah SIM A dan SIM C. Perpanjangan SIM BI dan BII umum hanya bisa dilakukan di kantor Satpas.

Sedangkan pembuatan SIM baru hanya bisa dilakukan di kantor Satpas SIM Polres di daerah pemohon.

Ada sejumlah persyaratan yang harus dimiliki oleh pemohon, di antaranya KTP, SIM, beserta fotokopinya, serta surat kesehatan.

Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)KOMPAS.com/Serafina Ophelia Layanan SIM keliling di IIMS Hybrid 2022, Senin (4/4/2022)

Baca juga: Belum Meluncur, Hyundai Ioniq 6 Dipesan 37.000 Orang dalam Sehari

Setelah melakukan pendaftaran, pemohon akan mendapatkan formulir data pribadi untuk diisi. Setelahnya, pemohon menyerahkan formulir ke petugas dan menunggu dipanggil.

Setelah itu, pemohon akan dipersilahkan masuk ke dalam mobil layanan untuk melakukan tes kesehatan.

Untuk biaya perpanjangan, diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016, tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Tarifnya adalah Rp 80.000 untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75.000 untuk SIM C. Ada juga tambahan biaya untuk tes kesehatan sebesar Rp 25.000 dan asuransi Rp 30.000.

Baca juga: Cek Masa Berlaku SIM, Bukan Berdasarkan Tanggal Lahir Lagi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.