Kompas.com - 29/08/2022, 13:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) sebagai salah satu tanda kompetensi seseorang dalam mengemudikan kendaraan bermotor.

Namun perlu diingat, SIM memiliki masa berlaku yang terbatas yaitu lima tahun. Jika pemilik lupa memperpanjang, maka pemilik harus mengulang pembuatan dari awal, yaitu melewati tes tertulis dan praktik.

Baca juga: Baru Diperkenalkan, Pemesanan Suzuki Grand Vitara Sudah Puluhan Ribu

Sebelumnya, masa berlaku SIM disesuaikan dengan tanggal lahir pemiliknya. Namun saat ini, masa berlakunya mengikuti tanggal diterbitkannya SIM.

Ketentuan ini tertuang dalam surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X.Yan.1.1/2019. Disebutkan dalam aturan tersebut, masa kedaluwarsa SIM bergantung dari tanggal pencetakan SIM tersebut.

Ilustrasi SIM A. Biaya perpanjang SIM berbeda-beda termasuk biaya perpanjang SIM C dan biaya perpanjang SIM A.KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Ilustrasi SIM A. Biaya perpanjang SIM berbeda-beda termasuk biaya perpanjang SIM C dan biaya perpanjang SIM A.

Baca juga: Daftar 5 Wilayah di Indonesia dengan Populasi Mobil Terbanyak

Maka, penting bagi pemilik untuk selalu memperhatikan masa berlaku SIM agar tidak salah, karena masa berlakunya tidak lagi mengikuti tanggal lahir pemilik SIM.

Sebagai informasi, biaya perpanjangan SIM berbeda tergantung dari kategorinya. Ini diatur dalam PP Nomor 76 Tahun 2020 tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Untuk SIM A dan B, biaya perpanjanganannya adalah Rp 80.000. Sedangkan untuk SIM C biayanya adalah Rp 75.000, dan Rp 30.000 untuk SIM D.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.