Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Antisipasi Vapor Lock pada Rem Mobil

Kompas.com - 21/08/2022, 16:22 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Minyak rem masuk salah satu daftar perawatan wajib rutin sistem pengereman pada mobil.

Sangat berbahaya bila kondisinya sudah habis atau tak layak pakai, karena berpotensi menyebabkan rem blong imbas terjadinya vapor lock. 

Seperti diketahui, vapor lock adalah uap air yang muncul karena minyak rem overheat. Hal inilah yang kerap menyebabkan rem pada mobil tak berfungsi alias blong. 

Lantas, bagaimanakah cara mencegahnya?

Baca juga: Air Aki Bisa Merusak Komponen Soket Transmisi

Kepala Bengkel Toyota Nasmoco Majapahit Semarang Bambang Sri Haryanto mengatakan, kunci perawatan sistem pengereman yang wajib diperhatikan selain kampas rem dan disc brake adalah kondisi minyak rem yang harus rutin di ganti. 

"Pastikan minyak rem selalu diganti secara rutin untuk menghindari risiko munculnya uap air atau udara di dalam sistem pengereman. Vapor lock bisa muncul dari udara yg ada di dalam sistem pengereman," ucap Bambang dihubungi Kompas.com, Minggu (21/8/2022).

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil
 

Perlu diingat, minyak rem mobil memiliki usia pakai. Umumnya tiga tahun atau setelah jarak tempuh mencapai 40.000 km.

Meski masa pakainya tergolong panjang, pemilik jangan abai memperhatikan waktu penggantian minyak rem.

"Jika tidak diganti, risiko munculnya uap air atau gelembung udara di dalam sistem pengereman lebih besar. Minyak rem bisa mendidih," katanya. 

Menurut Bambang, uap air di dalam sistem rem mobil bisa mempengaruhi kualitas minyak rem. Nantinya, minyak rem bisa mendidih dan rem terasa blong. 

Untuk itu, Bambang mengingatkan, pemilik mobil agar rutin melakukan cek berkala. Bisa dilihat dari warna yang sudah berubah. Perhatikan pula spesifikasi standar dari pabrikan.

Baca juga: Lebih Dekat dengan Daihatsu Rocky Hybrid

Tabung minyak rem mobilDicky Aditya Wijaya Tabung minyak rem mobil

"Selain kondisi, volume minyak rem dalam tabung reservoir juga harus di cek. Jangan sampai volume minyak rem berkurang atau malah habis," ujarnya. 

Tak hanya itu, Bambang pun menyinggung penggunaan engine brake. Saat akan memperlambat laju kendaraan, biasakan untuk membantu kerja rem dengan engine brake dengan cara menurunkan transmisi secara bertahap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.