Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 15:41 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 tidak hanya jadi momen untuk peluncuran kendaraan baru saja. Tapi juga banyak komponen pendukung modifikasi yang meramaikan dan bisa menjadi pilihan seperti audio.

Menariknya, pada tahun ini produk aftermarket yang hadir juga sejalan dengan visi pameran yang berfokus pada kendaaan listrik dan teknologi. Salah satunya produk modifikasi audio untuk mobil listrik murni, Hyundai Ioniq 5.

Berskema plug-and-play, penawaran tersebut datang dari Audio Plus melalui produk Ground Zero dan Crescendo yang diberi nama Premium Package 3-way speaker system, serta Venom Audio dengan Pro Package.

Baca juga: Indonesia Mulai Produksi Banyak Mobil dan Motor Listrik 2030

"Paket sudah mencangkup pemasangan, cepat tidak sampai lima jam. Ini juga tidak memotong kabel, kami membuat jalur sendiri dengan baterai sendiri. Tak mengambil (dicolok) ke kabel yang berada di mobil," kata Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia kepada Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

"Sehingga kemampuan jarak tempuh maupun sebagainya yang berkaitan atas baterai tidak berkurang," lanjut dia.

Kemudian, disebut pula bahwa instalasi yang dilakukan ke Ioniq 5 lebih ringan dibanding mobil berbahan bakar minyak alias konvensional. Seperti, rangka audio sebagai penopang, menggunakan bahan alumunium.

Tidak sampai di sana, ampli yang digunakan juga khusus karena bisa ditutup dengan kaca supaya meredam panas, serta bisa rata dengan lantai. Membuat akomodasi di area bagasi tetap luas.

Baca juga: Modifikasi Keren Daihatsu Xenia Sport Bergaya JDM

Modifikasi Audio Hyundai Ioniq 5 dari Audio Plus Indonesia di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Modifikasi Audio Hyundai Ioniq 5 dari Audio Plus Indonesia di GIIAS 2022

"Memang teknologinya kita sesuaikan dan sudah diuji juga. Tapi perlu dicatat tiap mobil listrik itu beda-beda, tidak bisa sembarangan," ucap Andreas.

Sementara di Venom, proses pemasangannya juga serupa. Tetapi pada bagian belakang ada speaker yang tidak bisa ditempatkan di bawah karpet.

Dampaknya, ruang bagasi sedikit berkurang. Walau demikian, bayaran tersebut sangat sepadan dengan kualitas audio yang dihasilkan apalagi pengemudi atau penumpang masih bisa mengatur harmoninya.

"Kalau untuk pengerjaannya, tidak ada bagaimana-bagaimana karena dari kita sendiri sudah plug-and-play. Namun sudah aman, kita sudah dapat OEM dari Hyundai untuk audio," kata Richard dari Venom.

"Contohnya subwoofer, itu dia harus tarik kabel setrum. Itu ditarik ke baterai cadangan mobil yang 12Volt. Jadi penggunaannya aman, tak memakan baterai utama sebagai penggeraknya," tambah dia.

Baca juga: Paket Interior Innova Mewah Khusus di GIIAS, Modal Rp 100 Juta

Modifikasi Audio Hyundai Ioniq 5 milik Venom Audio di GIIAS 2022KOMPAS.com/Ruly Modifikasi Audio Hyundai Ioniq 5 milik Venom Audio di GIIAS 2022

Soal harga, paket yang ditawarkan ini meliputi processor, amplifier, speaker, dan twitter. Tapi pada merek Venom, bagian speaker baik untuk bagian depan dan belakang, sebagai opsional. Membuat harganya menjadi lebih terjangkau.

Audio Plus Indonesia (Premium 3-Way Speaker System)

Ground Zero GZuC 165.3SQ ACT Speaker
Crescendo Evolution 712 Subwoofer
Ground Zero GZHA Mini Two Amplifier
Ground Zero GZHA Mini Five Amplifier
Ground Zero GZDSP 4-8XII DSP

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com