Salin Artikel

Paket Modifikasi Audio Hyundai Ioniq 5 di GIIAS 2022, Mulai Rp 13 Juta

TANGERANG, KOMPAS.com - Pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 tidak hanya jadi momen untuk peluncuran kendaraan baru saja. Tapi juga banyak komponen pendukung modifikasi yang meramaikan dan bisa menjadi pilihan seperti audio.

Menariknya, pada tahun ini produk aftermarket yang hadir juga sejalan dengan visi pameran yang berfokus pada kendaaan listrik dan teknologi. Salah satunya produk modifikasi audio untuk mobil listrik murni, Hyundai Ioniq 5.

Berskema plug-and-play, penawaran tersebut datang dari Audio Plus melalui produk Ground Zero dan Crescendo yang diberi nama Premium Package 3-way speaker system, serta Venom Audio dengan Pro Package.

"Paket sudah mencangkup pemasangan, cepat tidak sampai lima jam. Ini juga tidak memotong kabel, kami membuat jalur sendiri dengan baterai sendiri. Tak mengambil (dicolok) ke kabel yang berada di mobil," kata Andreas Tjahjadi, CEO PT Audio Plus Indonesia kepada Kompas.com, Kamis (18/8/2022).

"Sehingga kemampuan jarak tempuh maupun sebagainya yang berkaitan atas baterai tidak berkurang," lanjut dia.

Kemudian, disebut pula bahwa instalasi yang dilakukan ke Ioniq 5 lebih ringan dibanding mobil berbahan bakar minyak alias konvensional. Seperti, rangka audio sebagai penopang, menggunakan bahan alumunium.

Tidak sampai di sana, ampli yang digunakan juga khusus karena bisa ditutup dengan kaca supaya meredam panas, serta bisa rata dengan lantai. Membuat akomodasi di area bagasi tetap luas.

"Memang teknologinya kita sesuaikan dan sudah diuji juga. Tapi perlu dicatat tiap mobil listrik itu beda-beda, tidak bisa sembarangan," ucap Andreas.

Sementara di Venom, proses pemasangannya juga serupa. Tetapi pada bagian belakang ada speaker yang tidak bisa ditempatkan di bawah karpet.

Dampaknya, ruang bagasi sedikit berkurang. Walau demikian, bayaran tersebut sangat sepadan dengan kualitas audio yang dihasilkan apalagi pengemudi atau penumpang masih bisa mengatur harmoninya.

"Kalau untuk pengerjaannya, tidak ada bagaimana-bagaimana karena dari kita sendiri sudah plug-and-play. Namun sudah aman, kita sudah dapat OEM dari Hyundai untuk audio," kata Richard dari Venom.

"Contohnya subwoofer, itu dia harus tarik kabel setrum. Itu ditarik ke baterai cadangan mobil yang 12Volt. Jadi penggunaannya aman, tak memakan baterai utama sebagai penggeraknya," tambah dia.

Soal harga, paket yang ditawarkan ini meliputi processor, amplifier, speaker, dan twitter. Tapi pada merek Venom, bagian speaker baik untuk bagian depan dan belakang, sebagai opsional. Membuat harganya menjadi lebih terjangkau.

Audio Plus Indonesia (Premium 3-Way Speaker System)

Ground Zero GZuC 165.3SQ ACT Speaker
Crescendo Evolution 712 Subwoofer
Ground Zero GZHA Mini Two Amplifier
Ground Zero GZHA Mini Five Amplifier
Ground Zero GZDSP 4-8XII DSP

Harga: Rp 45,9 juta

Venom Audio (Pro Package)

VPR 4.6 MKIII HD
DBX 8.1A

Harga: Rp 13,2 juta

Opsional
Speaker Exodus (depan): Rp 2.350.000
Speaker Exodus (belakang): Rp 1.750.000

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/19/154100815/paket-modifikasi-audio-hyundai-ioniq-5-di-giias-2022-mulai-rp-13-juta

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.