Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2022, 17:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Merawat mobil tua bangka atau motuba bagi sebagian orang merupakan hal yang susah. Namun, tak sedikit pula orang yang beranggapan justru merawat mobil tua lebih sederhana.

Hal itu bisa terjadi lantaran sebagian besar mobil tua masih menggunakan karburator, sehingga tidak membutuhkan peralatan khusus dalam penyetelannya. Dalam penyetelan karburator modal utamanya adalah keahlian, sementara alat yang digunakan hanya lah obeng dan beberapa kunci biasa.

Penyetelan karburator adalah ritual wajib ketika mesin mobil tua melakukan tune up. Lantas kapan waktu yang tepat melakukan penyetelan karburator?

Baca juga: Pentingnya Gabung Komunitas untuk Pemilik Motuba Pemula

Toyota Kijang Generasi ITAM Toyota Kijang Generasi I

Pemilik Bengkel Mamat Spesialis Karburator Rohmat, mengatakan tidak ada patokan waktu dalam melakukan penyetelan karburator.

“Selama mesin masih enak ya tidak perlu disetel, tapi kalau sudah terasa kurang enak sebaiknya dilakukan penyetelan,” ucap Rohmat kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan merawat mobil tua memang dicari biaya paling minimnya, yang paling penting melakukan penggantian oli mesin rutin.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Radiator Motuba Tidak Boleh Diisi Coolant?

“Mungkin dulunya, pas mobil tua ini masih baru, dari pabrikan masih menyarankan kapan waktu ideal melakukan penyetelan karburator, tapi kalau tidak ada masalah sih buat apa?” ucap Rohmat.

Dia mengatakan bila mau datang rutin setiap beberapa bulan ke bengkel ya tidak masalah, hanya sekadar untuk melakukan pengecekan perlu atau tidak dilakukan penyetelan karburator.

“Soalnya ketika saya menyetel karburator tidak memerlukan alat khusus, hanya pakai feeling (perassan),” ucap Rohmat, pemilik bengkel yang selalu ramai didatangi motuba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com