Kompas.com - 16/08/2022, 16:12 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik motuba penting memahami sistem karburasi. Pada mesin bensin konvensional atau mesin yang masih menggunakan karburator sebagai alat pencampuran bensin dan udara, ada istilah idle up atau penaikan putaran mesin ketika dalam kondisi tertentu.

Nah, pada mesin konvensional sering terjadi masalah pada sistem idle up yang dimaksud. Seperti ketika mesin stasioner, putaran mesin malah terlalu rendah atau terlalu tinggi, begitu juga ketika AC dinyalakan putaran mesin malah drop dan sejenisnya.

Pemilik Bengkel Mamat Spesialis Karburator Rohmat, mengatakan di mesin karburator ada namanya idle up yang bertujuan untuk mengantisipasi putaran mesin drop ketika mesin mendapatkan beban.

Baca juga: Pentingnya Gabung Komunitas untuk Pemilik Motuba Pemula

KarburatorErwin Setiawan Karburator

“Secara umum ada tiga sistem idle up yaitu untuk AC, lampu dan kipas, ketika ketiga komponen itu bekerja maka mesin akan mendapatkan beban tambahan, itu berpeluang membuat putaran mesin drop jadi seakan mesin mau mati ketika sistem idle up tidak bekerja,” ucap Rohmat kepada Kompas.com, Senin (15/8/2022).

Dia mengatakan idle up diperlukan agar pengendara merasa nyaman saat menggunakan mobil di jalan. Biasanya, tanpa idle up yang bagus mesin menjadi lebih mudah mati karena putaran mesin menjadi terlalu rendah.

“Sistem idle up sendiri memanfaatkan kevakuman di dalam intake, nah kevakuman tersebut diatur oleh solenoid yang terhubung dengan saklar, jadi ketika AC atau lampu atau kipas kerja, maka secara otomatis solenoid membuka sehingga kevakuman aktif, lalu diteruskan ke tuas pendorong throttle,” ucap Rohmat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Radiator Motuba Tidak Boleh Diisi Coolant?

Dia mengatakan tuas throttle itu lah yang membuat putaran mesin naik sehingga tidak terjadi drop. Berbeda dengan mobil-mobil modern yang sudah diatur oleh komputer.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.