Kompas.com - 13/08/2022, 09:22 WIB


TANGERANG, KOMPAS.com - Tak hanya dimeriahkan peluncuran mobil baru, Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2022 juga diikuti pabrikan sepeda motor yang makin serius menghadirkan motor listrik.

Pada hari kedua, Jumat (12/8/2022), GIIAS 2022 pertama kali menyelenggarakan press day untuk para peserta sepeda motor. Selain motor bermesin bakar konvensional, tercatat ada enam motor listrik baru yang meluncur.

Baca juga: Baru Meluncur, Motor Listrik Segway Diklaim Laku Hampir 100 Unit

Motor listrik Alva One meluncur di GIIAS 2022KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Motor listrik Alva One meluncur di GIIAS 2022

Segway meluncurkan empat motor listrik yaitu N90C, N100, E110L dan E200P. Kemudian ada Minerva Electron dengan Minerva M1, lalu ada Alva dengan Alva One yang meluncur pada hari pertama.

Adapun untuk kendaraan roda dua bermesin bakar konvensional Benelli meluncurkan Benelli Panarea 125 warna baru dan MForce Wmoto.

Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo), Kukuh Kumara, mengatakan, mendukung pergerakan motor listrik di Indonesia meski produsen motor bukan anggota Gaikindo.

Baca juga: Perkuat Visi Elektrifikasi, Lexus Perkenalkan Mobil Konsep LF-Z Electrified dan All New Lexus RX di GIIAS 2022

Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.Foto: Minerva Minerva Electron resmi meluncurkan Minerva M1 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022.

“Pasar roda dua itu cukup tinggi. Satu tahun kalo tidak salah pernah sampai mencapai 6 juta-7 juta unit," kata Kukuh dalam keterangan resmi, dikutip Sabtu (13/8/2022).

"Bisa dibayangkan kalau itu semua kemudian menggunakan bahan bakar fosil, ini sangat mengkhawatirkan impornya luar biasa untuk bahan bakarnya oleh karena itu hadirlah motor listrik,” ujar Kukuh.

Untuk menjaga animo pengunjung, penyelenggara juga membuat EV Test Track buat pengunjung yang penasaran menjajal motor nol emisi. Test track ini berada di Hall 10, ICE BSD City, Tangerang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.