Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ulas Desain Eksterior Hyundai Stargazer, Usung Konsep Futuristik

Kompas.com - 13/08/2022, 09:02 WIB
Serafina Ophelia,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) resmi meluncurkan Stargazer pada Kamis (11/8/2022) yang lalu. Di kelasnya, Hyundai Stargazer memiliki eksterior yang lebih futuristik.

Dalam proses perancangannya, Hyundai terlebih dahulu melakukan riset terhadap masyarakat di Indonesia sehingga desainnya bisa sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Salah satu ciri khas Stargazer adalah DRL horizontal yang melintang di antara gril dan kap mesin. Konsepnya melambangkan garis khatulistiwa sebagai letak geografis Indonesia di dunia.

Baca juga: Desain Hyundai Stargazer Disesuaikan dengan Selera Indonesia

Product Expert PT HMID Bonar Pakpahan menjelaskan, ragam keunikan desain Hyundai Stargazer yang membuatnya unik dan cenderung lebih futuristik, mulai dari bodi hingga peletakkan lampu dan DRL.

"Lampunya sendiri sudah diposisikan supaya rendah, selevel dengan mobil sedan pada umumnya, dan juga memberikan pancaran atau penyinaran yang baik buat si pengemudi. Tanpa menyilaukan kendaraan yang datang dari arah berlawanan," ucap Bonar di ICE BSD, Jumat (12/8/2022).

Sedangkan jika melihat bagian bodi sampingnya, Bonar menjelaskan Stargazer menggunakan konsep one curve body yang terlihat seperti satu tarikan garis dari depan sampai belakang, membuatnya terlihat lebih aerodinamis.

Hyundai resmi meluncurkan MPV murah andalan terbaru Stargazer di GIIAS 2022, ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/7/2022).KOMPAS.com/Serafina Hyundai resmi meluncurkan MPV murah andalan terbaru Stargazer di GIIAS 2022, ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis (11/7/2022).

Baca juga: Ubahan Mitsubishi Xpander Cross Facelift yang Baru Meluncur

"Dengan tarikan garis atau desain seperti ini juga ternyata memberikan visibilitas yang bagus baik itu untuk orang yang duduk di kursi baris kedua maupun di kursi baris ketiga," ucap dia.

Garis-garis lekukan lain yang berada di sisi-sisi mobil juga mempertegas desain kendaraan. Secara keseluruhan, Bonar mengatakan kali ini Hyundai menciptakan desain profil aerodinamika yang halus.

"Lampu belakangnya yang membentuk kurva juga menciptakan a sense of proporsi yang lebar, memberikan kesan strength atau power," ucap Bonar.

Sedangkan untuk warna, konsumen bisa memilih antara mono tone atau dual tone. Untuk varian dengan dual tone, nantinya warna atap mobil adalah hitam, dipadukan dengan warna pilihan konsumen pada bagian bodi mobil.

Baca juga: Hyundai Klaim Stargazer Sudah Dipesan Lebih dari 2.000 Unit

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com