Airlangga Bergeming Ditanya Kendaraan Listrik di Instansi Pemerintahan

Kompas.com - 11/08/2022, 13:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan mobil listrik diharapkan menjadi salah satu solusi atas isu pencemaran lingkungan yang disebabkan emisi karbon kendaraan yang menyebabkan pencemaran udara.

Tidak hanya itu, langkah strategis terkait juga dipercaya mampu menekan belanja atas bahan bakar fosil yang kondisinya mulai menipis.

Oleh karenanya, pemerintah berwacana agar jajaran instansi pemerintahan di Indonesia mulai beralih ke kendaraan listrik sebagai contoh ke masyarakat.

Baca juga: Harga Mobil Listrik Ioniq 5 Naik Rp 30 Juta, Ini Kata Hyundai

Lampu depan Hyundai Ioniq 5Kompas.com/Donny Lampu depan Hyundai Ioniq 5

Namun, hingga saat ini mandatory mengenai elektrifikasi di pemerintahan (sebagai kendaraan dinas) belum keluar.

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto tampak enggan berbicara mengenai rencana itu, ketika ditemui wartawan di area GIIAS 2022, ICE BSD, Tangerang.

"Dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 semua kepala negara untuk setingkat menteri official memakai kendaraan listrik," katanya, Kamis (11/8/2022).

"Saat ini kita bicara KTT G20 dahulu," ucap Airlangga menambahkan.

Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022Dio Dananjaya/Kompas.com Toyota bZ4x dipamerkan di booth Toyota GIIAS 2022

Diketahui, sejumlah kendaraan listrik akan mendukung mobilitas pada gelaran kenegaraan tersebut.

Sedikitnya akan terdapat 450an unir mobil listrik yang hadir, meliputi 134 unit Lexus tipe UX 300e, Hyundai Genesis G80 sebanyak 46 unit dan Wuling EV sebanyak 300 unit.

Selain itu juga akan ada tambahan bis listrik untuk mendukung moda transportasi pada KTT yang acara puncaknya pada 15 hingga 16 November 2022 di Bali itu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.