Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Pasang Spoiler Mobil Bisa Lebih Irit BBM?

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menambah penampilan mobil, ternyata pemasangan spoiler juga memiliki fungsi lain. Salah satunya menjaga kestabilan dengan cara meningkatkan aerodinamis kendaraan.

Hal itu membuat sebagian orang beranggapan spoiler juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Pasalnya, laju mobil lebih stabil karena tak terhambat angin.

Selain meningkatnya aerodinamika, mobil dengan spoiler akan mengalami gaya tekan ke permukaan jalan, sehingga ban benar-benar menapak dan mengurangi selip yang menyebabkan daya terbuang sia-sia.

Kedua faktor tersebut lah yang membuat anggapan pemasangan spoiler bisa membuat kendaraan mampu menempuh jarak yang lebih jauh dengan jumlah konsumsi bahan bakar yang sama.

Lantas, benarkah anggapan tersebut?

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, tujuan dari pemasangan spoiler pada mobil sebenarnya hanya untuk meningkatkan kemampuan pengendalian kendaraan saja.

“Tujuan dipasang spoiler itu untuk menambah aerodinamika mobil sehingga meningkatkan handling (kemampuan pengendalian) mobil tersebut, kalau ke efisiensi sepertinya kecil sekali hubungannya,” ucap Didi kepada Kompas.com, Rabu (10/8/2022).

Didi membantah ketika spoiler dikatakan dapat menghemat konsumsi bahan bakar untuk menempuh jarak yang sama. Sehingga, menurut dia anggapan tersebut hanya mitos belaka.

“Spoiler bertugas lebih ke arah menekan mobil ke jalan, harusnya koefisiensi ban ke jalan semakin besar, jadi menurut saya lebih kepada handling (kemampuan pengendalian kendaraan) saja,” ucap Didi.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/10/113100515/mitos-atau-fakta-pasang-spoiler-mobil-bisa-lebih-irit-bbm-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke