Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Pasang Spoiler, Perhatikan Dulu Kebutuhan Mobil

Kompas.com - 13/01/2022, 19:01 WIB
Serafina Ophelia,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini, modifikasi dapat dilakukan dengan mudah oleh pengguna mobil. Banyaknya sparepart aftermarket saat ini juga menyediakan berbagai variasi opsi modifikasi, baik interior maupun eksterior mobil.

Pada bagian eksterior, pengguna bisa menambahkan komponen spoiler untuk mempercantik tampilan mobil. Namun selain membuat mobil terlihat sporty, ternyata ada manfaat lain yang bisa didapat dari pemasangan spoiler.

Owner Hendy Spoiler WTC Mangga Dua, Hendy mengatakan bahwa fungsi spoiler pada mobil adalah memberikan tekanan yang lebih besar.

Baca juga: Sudah Tahu Apa Fungsi Spoiler Mobil, Selain demi Penampilan?

"Selain menambah tampilan mobil lebih elegan atau sporty, fungsi lainnya menambah tekanan mobil ke bawah. Terutama, untuk city car yang ringan," jelas Hendy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (13/1/2022).

Spoiler biasa digunakan untuk city car, karena city car memiliki bobot yang cenderung ringan.

Adanya spoiler pada city car dapat menambah downforce pada mobil, sehingga tidak memberikan efek melayang pada pengemudi, khususnya saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi.

"Selain gaya, bisa juga menambah tekanan pada mobil yang ringan," jelas Hendy.

Bodykit wings pada supercar.Dok. Karma BodyKit Bodykit wings pada supercar.

Baca juga: Jangan Asal Gaya, Pahami Fungsi Spoiler pada Mobil

Karena memberikan gaya atau tekanan yang lebih besar, pemasangan spoiler tidak bisa dilakukan sembarangan.

Bila tidak sesuai dengan kebutuhan mobil, pemasangan spoiler justru dapat merusak performa mobil atau bahkan merusak stabilitas mobil saat melaju dalam kecepatan tinggi.

Kesalahan saat memasang spoiler atau proses pemasangan yang asal-asalan dapat membebani mobil, dan menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar dari yang seharusnya.

Maka dari itu, spoiler cocok digunakan untuk mobil yang berbobot ringan dan butuh tekanan lebih saat sedang melaju cepat, untuk mengurangi efek melayang dan tidak stabil sehingga pengemudi tidak kehilangan kontrol mobil.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, pengemudi perlu memperhatikan kecocokan mobil dengan spoiler yang akan dipasang.

Pemilik mobil perlu memperhatikan fungsi spoiler, khususnya spoiler aftermarket yang mungkin tidak cocok dengan desain mobil yang sudah dilengkapi spoiler pabrikan.

"Jadi perlu diperhatikan, apakah spoiler tersebut cocok dipasang pada mobil? Dan yang paling penting, tidak mengganggu pandangan ke belakang," ujar Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com