Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukuman Long Lap Penalty Jadi Motivasi Quartararo Menang di GP Inggris

Kompas.com - 04/08/2022, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Usai libur musim panas selama sebulan, paruh kedua MotoGP 2022 akan kembali dimulai di GP Inggris, di Sirkuit Silverstone pada Minggu (7/8/2022).

Saat ini pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memimpin puncak klasemen dengan raihan 172 poin.

Sayangnya, dalam seri Silverstone yang digelar akhir pekan ini, Quartararo harus menjalani hukuman long lap penalty.

Baca juga: Klasemen MotoGP 2022 Jelang Paruh Kedua di GP Inggris

Hukuman ini didapat Quartararo usai dirinya mengalami low side sehingga menyenggol pebalap Aprilia Aleix Espargaro pada MotoGP Belanda 2022.

Stewards MotoGP menilai aksi menyalip yang dilakukan oleh Quartararo terlalu memaksa, padahal posisinya tak memungkinkan. Inilah yang membuat pihaknya menjatuhkan hukuman long lap penalty kepada Quartararo.

Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Yamaha) saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia pada 28 Mei 2022.AFP/FILIPPO MONTEFORTE Aleix Espargaro (Aprilia) dan Fabio Quartararo (Yamaha) saat menjalani sesi kualifikasi MotoGP Italia pada 28 Mei 2022.

Kendati demikian, hukuman long lap penalty itu justru membuat Quartararo termotivasi dan semakin optimistis untuk menang di Sirkuit Silverstone.

“Saya senang bisa mulai balapan lagi. Saya menggunakan liburan musim panas untuk beristirahat, tetapi saya juga menghabiskan banyak waktu untuk berlatih. Pikiran saya selalu fokus. kembali beraksi dalam kondisi terbaik,” ucap Quartararo dikutip dari Crash, Rabu (3/8/2022).

Baca juga: Tantangan Desainer Bus Bikin Spion Kamera Tampak Menarik

"Saya sangat menantikan Silverstone, saya menang di sana tahun lalu. Kali ini akan sulit karena kami tahu bahwa kami memiliki penalti putaran panjang. Tetapi jika boleh jujur, itu hanya memotivasi saya untuk melakukan yang lebih baik lagi,” lanjutnya.

Seperti diketahui, Fabio Quartararo berhasil menjadi pemenang di GP Inggris pada 2021, bahkan ia mampu menjadi rider Yamaha pertama yang menang di lintasan tersebut setelah kemenangan Valentino Rossi pada 2015.

Pebalap berusia 23 tahun itu menjadi rider unggulan yang diprediksi mampu finis di posisi pertama. Terlebih lagi sejauh ini dirinya menjadi yang paling konsisten berada di atas podium.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com