Aturan Mobil Mewah Tak Boleh Beli Pertalite Masuk Tahap Finalisasi

Kompas.com - 04/08/2022, 09:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski pendaftaran pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi sudah dilakukan sejak awal Juli 2022, tapi aturan ketentuan mobil mewah yang tak lagi boleh membeli Pertalite belum juga terbit.

Saat mengonfirmasi hal ini, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan, revisi aturan sudah berjalan dan saat ini masuk dalam tahap finalisasi.

"Untuk revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 tahun 2014 masih dalam tahap finalisasi saat ini di Pemerintah," ujar Irto, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (2/8/2022).

Baca juga: Harga BBM Pertamina Naik, Pertamina Dex Sentuh Rp 18.900

Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Dengan demikian, artinya revisi sudah tersusun. Sayangnya ketika menanyakan terkait kepastian mobil mewah seperti apa yang akan dilarang membeli Pertalite, Irto enggan untuk memberikan jawaban.

Sama halnya ketika menanyakan hal tersebut kepada Anggota Komite BPH Migas, Saleh Abdurrahman.

Meski telah mengakui revisi regulasinya masuk tahap akhir, namun informasi soal kepastian aturan mainnya masih tertutup.

"Betul sedang finalisasi saat ini. Untuk itu (kapasitas mesin) kita tunggu saja," kata Saleh.

Baca juga: Menu SUV Murah Agustus 2022, Harga Rocky dan Creta Naik

Daftar Solar dan Pertalite di SPBUPERTAMINA Daftar Solar dan Pertalite di SPBU

Seperti diketahui, sebelumnya ada beberapa wacana soal larangan membeli Pertalite untuk mobil mewah yang dikategorikan dari sisi kapasitas mesin, yakni 2.000 cc ke atas atau 1.500 cc ke atas.

Hingga saat ini, belum ada kepastian mobil dengan kapasitas mesin berapa yang nantinya akan dilarang membeli Pertalite.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.