Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Disuntik Mati, Ini Sejarah Toyota Vios di Indonesia

Kabar ini mencuat setelah video perpisahan sejumlah pekerja pabrik yang membawa potongan kertas bertuliskan “Sayonara Vios” mencuat di media sosial.

Meski demikian, Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam, belum mau berkomentar lebih lanjut mengenai kabar penghentian produksi Vios di Indonesia. Namun dirinya juga tidak membantah kabar tersebut.

“Itu hanya medsos, belum ada announcement resmi dari TMMIN,” tulis Bob melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (2/7/2022).

Sebagai informasi, Toyota Vios pertama kali hadir di Tanah Air pada 2003 sebagai pengganti Toyota Soluna dalam segmen mobil sedan. Saat itu Vios bersaing dengan Honda City dan Suzuki Baleno. Vios juga hadir sebagai sedan taksi dengan nama lain Limo.

Generasi pertama Vios menggendong mesin 1.496 cc 1NZ-FE yang mampu menghasilkan tenaga 109 dk di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.200 rpm.

Selang dua tahun, Vios mengalami penyegaran dengan ubahan minor pada desai grill, lampu sein dan warna interior (ivory).

Lalu pada 2007, Toyota Vios meluncurkan generasi kedua dengan desain eksterior yang menyerupai Toyota Yaris. Mobil ini sudah dibekali dengan suspensi yang empuk dan cukup nyaman dibanding generasi sebelumnya.

Tak hanya itu, generasi kedua Vios ini juga sudah dibekali dengan fitur safety tambahan seperti ABS, EBD dan BA serta collapsible steering column di semua varian.

Bicara soal mesin, mobil ini dibekali jantung pacu berkapasitas 1.500 cc VVT-i yang mampu menghasilkan tenaga 109 dk. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan Intelligent Drive by Wire ETCS- i yang bisa membuat BBM lebih hemat dan ramah lingkungan.

Tiga tahun berselang, tepatnya tahun 2010, mobil ini mengalami penyegaran kembali dengan mengubah tampilan depan menjadi lebih elegan berkat grill dua baris yang dilengkapi aksen chrome.

Tak hanya itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fog lamp pada bagian depan, serta desain lampu belakang yang baru lengkap dengan list chrome.

Pada generasi ini Toyota Vios juga sudah dibekali varian TRD Sportivo yang secara tampilan eksterior lebih sporty dan modern.

Selanjutnya, generasi ketiga diperkenalkan pada tahun 2013. Toyota Vios ini sudah dirakit di pabrik kedua Toyota Motor Manufacturing di Indonesia (TMMIN) Karawang, Jawa Barat.

Tampilan Vios generasi ketiga ini dibuat lebih elegan dan mewah berkat tampilan grill yang lebih minimalis.

Jika sejak generasi pertama, Vios dibekali mesin 1.500 cc 1NZ-FE, tahun 2016 Vios mengalami pembaruan pada sektor mesin, yakni dibekali dapur pacu 1.500cc 2NR-FE dengan Dual VVT-i. Mesin ini juga dipakai yang juga digunakan oleh Toyota Avanza facelift generasi kedua dan Toyota Sienta generasi kedua.

Adapun pada tahun 2018, Vios kembali mengalami facelift dengan tampilan yang jauh lebih mewah, berkat grill hitam pada bagian bawah.

Sedan Toyota ini juga sudah dibekali dengan fitur keselamatan yang cukup lengkap meliputi 7 airbags, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, Crash Sensor dan Emergency Brake Signal.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/08/02/134100915/disuntik-mati-ini-sejarah-toyota-vios-di-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke