Benarkah Aki Kering Tak Menggunakan Cairan?

Kompas.com - 01/08/2022, 14:31 WIB

SEMARANG,KOMPAS.com - Sampai saat ini masih banyak yang mengira bila aki kering atau maintenance free (MF), tak menggunakan cairan.

Padahal, meski namanya aki kering, bukan berarti tidak ada cairan elektroda. Bedanya, aki kering tidak butuh perawatan seperti menambah air ketika volumenya berkurang. 

Andreas Hardjo Pemilik Menyanan Jaya Raya Aki mengatakan, cairan aki kering bawaan pabrik dalam waktu beberapa lama volumenya tetap. 

"Tipe aki kering, cairannya lebih padat dan bentuknya seperti gel. Sementara aki basah kan pakai air aki biasa yang volume isinya bisa kurang," kata Andrean, kepada Kompas.com, Senin (1/8/2022).

Baca juga: Jangan Asal, Ini Prosedur Jumper Aki Mobil yang Soak 

Cairan elektroda, lanjut Andreas, sama-sama berfungsi merendam cell-cell yang ada di dalam aki. 

Mekanik Astra Daihatsu Majapahit sedang melakukan cek kondisi aki. Dicky Aditya Wijaya Mekanik Astra Daihatsu Majapahit sedang melakukan cek kondisi aki.

"Agar dapat menghasilkan listrik, ada reaksi antara sel-sel positif dan negatif dengan elektrolit (air aki zuur)," dia menambahkan. 

Pendapat yang sama juga diungkap Kepala Bengkel Nasmoco Majapahit Bambang Sri Haryanto yang mengatakan, bila aki kering tetap memiliki cairan elektrolit, bedanya model aki kering baru mencair ketika mendapat aliran listrik. 

"Jika mobil jarang digunakan, cairan aki lebih padat dan tidak bisa merendam semua cell-cell dalam aki," ucapnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.