Kompas.com - 28/07/2022, 19:12 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 digelar mulai 22-31 Juli 2022. Hal yang terlihat dari pameran ini ialah banyak merek asal China terutama sepeda motor yang menyerbu Indonesia.

Nama baru seperti Davigo merupakan salah satu merek alih ulang dari jenama asal China, yaitu Luyuan. Kemudian Benelli dan Keeway, meski bukan merek asli China tapi kini berada di bawah payung perusahaan Tiongkok.

Baca juga: Catat, Ini 7 Bengkel Konversi Motor Listrik yang Sudah Tersertifikasi

Denny Utomo, CEO PT Utomo International (Utomocorp), pemegang merek NIU di Indonesia mengatakan, wajar jika saat ini banyak produk motor listrik asal China sebab Tiongkok sudah serius terjun ke segmen elektrifikasi sejak dekade lalu.

NIU Mobility resmi meluncurkan NIU Gova 03 versi modifikasi di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Ada dua model yang diluncurkan yaitu Gova 03 C. Racer dan Gova 03 Adventure.KOMPAS.com/Gilang NIU Mobility resmi meluncurkan NIU Gova 03 versi modifikasi di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Ada dua model yang diluncurkan yaitu Gova 03 C. Racer dan Gova 03 Adventure.

"Itu saya rasa begini, China dari 15 tahun yang lalu sudah duluan, sebab mereka sudah lebih dulu percaya bahwa (kendaraan) listrik ini ke depan ialah solusi transportasi massal yang baik buat negaranya," kata Denny yang ditemui di JIExpo Kemayoran, Selasa (26/7/2022).

"Karena China kan kita tahu polusinya tinggi sekali, jadi mereka sudah duluan. Tidak kaget jika kemudian melihat merek asal China mendominasi di motor listrik, sedangkan yang dari Jepang belum dan Eropa khususnya hanya premium tapi yang kelas menengah belum ada," kata dia.

"Oleh karena itu menurut saya merek China jadi kuat," ujar Denny.

Baca juga: Skuter Listrik Vietnam Mulai Serbu Amerika Serikat

Rakata Motorcycles resmi melansir Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. KOMPAS.com/Gilang Rakata Motorcycles resmi melansir Rakata NX8 di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Serbuan kedua

Serbuan motor China (mocin) sebetulnya bukan baru kali ini terjadi. Sebelumnya, setelah krisis moneter yang terjadi di Indonesia tahun 1997-1998, pasar motor Indonesia sempat diramaikan merek-merek asal China.

Waktu awal tahun 2000-an, mungkin ada puluhan jenama asal Negeri Tirai Bambu yang coba cari peruntungan di Indonesia.

Kala itu, kebanyakan mocin mengandalkan mesin berkapasitas 100 cc. Mesin itu memiliki basis yang sama dengan mesin C100 miliki Honda yang tersemat pada Astrea Grand atau Supra X keluaran awal.

Davigo resmi meluncurkan motor listrik bernama Davigo Space di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022. Foto: Dyandra Davigo resmi meluncurkan motor listrik bernama Davigo Space di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.