Dilarang Dipakai di Jalan Raya, Penjualan Selis Tidak Goyah

Kompas.com - 25/07/2022, 14:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebelumnya ramai tentang larangan penggunaan sepeda listrik di jalan raya oleh pihak kepolisian.

Makassar, Sulawesi Selatan dan juga Kapuas, Kalimantan Tengah menjadi daerah yang melarang anak-anak di bawah umur menggunakan sepeda listrik di jalan raya.

Selain meresahkan pengguna jalan lain, para pengendara sepeda listrik ini disebut tidak memakai helm dan melaju dengan kecepatan lebih dari 25 kilometer per jam.

Baca juga: Bedah Interior Stargazer, Avanza, dan Xpander, Mana yang Paling Mewah?

Project Sales Manager PT Juara Bike untuk merek Selis Gabriel, mengatakan jika dengan adanya regulasi tersebut tidak berpengaruh pada penjualan sepeda listrik dari Selis.

“Kalau kita dari sisi jualan tidak pengaruh apa-apa dengan adanya regulasi ini. Paling orang cuma nanya dengan adanya aturan ini. Yak kita sarankan mereka untuk di komplek saja jangan di jalan raya karena memang bahaya di jalan raya terutama anak kecil,” kata Gabriel kepada Kompas.com di PEVS 2022, Senin (25/7/2022).


Menurut Gabriel, setiap regulasi yang dibuat ada untuk melindungi dari kejadian berbahaya. Artinya untuk meminimalisir agar tidak terjadi lagi. Hanya masih banyak pengguna sepeda listrik yang kesadarannya minim.

Project Sales Manager PT Juara Bike Gabriel di PEVS 2022Janlika Putri/ Kompas.com Project Sales Manager PT Juara Bike Gabriel di PEVS 2022

Gabriel juga menyebutkan jika setiap sepeda listrik dari Selis telah sesuai regulasi batasan kecepatan yaitu 25 km per jam.

Maka dari itu, menumbuhkan mindset atau kesadaran diri sendiri untuk menggunakan sepeda listrik yang aman sangatlah penting.

Baca juga: Diskon MPV Murah Akhir Juli 2022, Xenia Tembus Rp 24 Juta, Ertiga Rp 21 Juta

Sepeda listrik sebaiknya digunakan di komplek perumahan, jangan di jalan raya, kalau ke jalan raya harus hati-hati dan diawasi orang tua. Harus pakai helm karena sama seperti naik sepeda biasa. Jadi ya saran kita kalau mau beli sepeda listrik jagalah keselamatan diri sendiri, beli di tempat yang tepat,” kata Gabriel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.