Mitos atau Fakta Nitrogen Cuma Bisa Digunakan Ban Tubeless?

Kompas.com - 25/07/2022, 14:31 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski keberadaan nitrogen sudah lumayan lama sebagai alternatif pengisian ban, namun sampai saat ini pro kontranya masih terdengar.

Salah satunya terkait ban sepeda motor. Karena tak sedikit yang menilai nitrogen hanya bisa digunakan untuk motor yang mengaplikasi ban jenis tubeless.

Hal tersebut tak lepas karena adanya anggapan yang berkembang bila diisi ban konvensional yang masih menggunakan dalaman kurang cocok. 

Padahal, menurut Product Development Manager Otobox Indonesia Aan Nugroho, nitrogen atau angin biasa sama saja asal tekanan ban tetap sesuai standar.

Baca juga: Kebiasaan Ini Bikin Motor Matik Lebih Irit Bahan Bakar

Ganti Ban Motor Otobox Indonesia Dicky Aditya Wijaya Ganti Ban Motor Otobox Indonesia

 

Bahkan mengisi tekanan udara dengan nitrogen pada ban motor memiliki keunggulan lantaran rendahnya kandungan air. 

"Sifat gas oksigen dan nitrogen berbeda, karena tidak memiliki kadar air H2O nitrogen. Sehingga gas oksigen lebih cepat berkurang. Tekanan angin ban lebih mudah kempis," ujar Aan, kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022). 

Aan menjelaskan, tekanan udara ban yang kempis membuat temperatur bisa meningkat. Dengan kondisi suhu yang lebih dingin kelenturan karet ban tetap baik. 

Baca juga: Produsen Baterai ABC Akan Sediakan Aki Kering Lithium Untuk Motor

"Panas berlebihan karena gaya gesek ban ke permukaan aspal, karet ban bisa lebih cepat getas," ujarnya. 

Isi Angin Ban MobilDicky Aditya Wijaya Isi Angin Ban Mobil

Menurut Aan, bila panas ekstrim lantaran gesekan ban berlebihan dengan aspal berisiko membuat lapisan dalam ban mengelupas. 

Sebelumnya, Planet Ban pernah memberikan edukasi bila penggunaan nitrogen untuk ban konvensional justru disarankan. Hal ini karena motor yang masih menggunakan ban dalam justru lebih membutuhkan nitrogen untuk mengurangi dampak pemuaian udara dan panas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.