Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta Nitrogen Cuma Bisa Digunakan Ban Tubeless?

SEMARANG, KOMPAS.com - Meski keberadaan nitrogen sudah lumayan lama sebagai alternatif pengisian ban, namun sampai saat ini pro kontranya masih terdengar.

Salah satunya terkait ban sepeda motor. Karena tak sedikit yang menilai nitrogen hanya bisa digunakan untuk motor yang mengaplikasi ban jenis tubeless.

Hal tersebut tak lepas karena adanya anggapan yang berkembang bila diisi ban konvensional yang masih menggunakan dalaman kurang cocok. 

Padahal, menurut Product Development Manager Otobox Indonesia Aan Nugroho, nitrogen atau angin biasa sama saja asal tekanan ban tetap sesuai standar.

Bahkan mengisi tekanan udara dengan nitrogen pada ban motor memiliki keunggulan lantaran rendahnya kandungan air. 

"Sifat gas oksigen dan nitrogen berbeda, karena tidak memiliki kadar air H2O nitrogen. Sehingga gas oksigen lebih cepat berkurang. Tekanan angin ban lebih mudah kempis," ujar Aan, kepada Kompas.com, Senin (25/7/2022). 

Aan menjelaskan, tekanan udara ban yang kempis membuat temperatur bisa meningkat. Dengan kondisi suhu yang lebih dingin kelenturan karet ban tetap baik. 

"Panas berlebihan karena gaya gesek ban ke permukaan aspal, karet ban bisa lebih cepat getas," ujarnya. 

Menurut Aan, bila panas ekstrim lantaran gesekan ban berlebihan dengan aspal berisiko membuat lapisan dalam ban mengelupas. 

Sebelumnya, Planet Ban pernah memberikan edukasi bila penggunaan nitrogen untuk ban konvensional justru disarankan. Hal ini karena motor yang masih menggunakan ban dalam justru lebih membutuhkan nitrogen untuk mengurangi dampak pemuaian udara dan panas.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/07/25/143100415/mitos-atau-fakta-nitrogen-cuma-bisa-digunakan-ban-tubeless-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke