BBM Naik, Moeldoko Ajak Masyarakat Mulai Beralih ke Kendaraan Listrik

Kompas.com - 11/07/2022, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) Moeldoko mengajak masyarakat mulai untuk melirik kendaraan listrik berbasis baterai sebagai transportasi pribadi.

Pasalnya, saat ini harga bahan bakar minyak (BBM) semakin mahal yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan biaya harian. Terlebih untuk masyarakat yang mobilitasnya sangat aktif.

"Dengan itu, Periklindo memiliki tagline utama untuk pameran Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yakni 'BBM naik siapa takut'," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (11/7/2022).

Baca juga: Pakai Pertamax Turbo, Perhatikan Spesifikasi Mobil Biar Tidak Mubazir

Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pengemudi ojek daring mengganti baterai sepeda motor listrik dengan yang sudah penuh terisi di Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono, Jakarta, Senin (28/3/2022). Pemerintah Indonesia menargetkan dua juta kendaraan listrik dapat digunakan oleh masyarakat Indonesia pada 2025 sebagai salah satu upaya untuk menerapkan penggunaan energi terbarukan.

"Kalau Anda tidak ingin boros karena menggunakan BBM (konsumsi BBM), silahkan gunakanlah kendaraan listrik. Mobil listrik, sepeda motor listrik, yang berbasis baterai," lanjut Moeldoko.

Selain itu, tambah Moeldoko, dengan menggunakan kendaraan listrik maka pengguna juga berkontribusi mengurangi impor BBM. Pada jangka waktu panjang, tercipta lingkungan yang bersih.

Dalam kesempatan serupa, PEVS 2022 disebut sebagai ruang edukasi yang cukup lengkap mengenai kendaraan listrik. Di sana, pengunjung bisa melakukan test drive, ikut seminar, sampai melihat produk terbaru.

Selain itu, juga memberikan ruang bagi produsen pendukung kendaraan listrik untuk unjuk gigi.

"Sebab banyak industri pendukung kendaraan listrik di Indonesia tapi belum memiliki aktualisasi diri. Diharapkan ini bisa menjadi ruang baginya," kata dia.

Baca juga: Sirkuit Ancol Tak Boleh Buat Street Race, Ini Penjelasan Ahmad Sahroni

Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko melayat ke rumah duka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo di Widya Chandra, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, selama hampir dua pekan.KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Kepala Staf Kepresidenan RI, Moeldoko melayat ke rumah duka Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo di Widya Chandra, Jakarta, Jumat (1/7/2022). Tjahjo Kumolo meninggal setelah dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, selama hampir dua pekan.

Pameran kendaraan listrik PEVS 2022 akan diikuti beberapa merek roda empat dari kendaraan penumpang seperti DFSK, Wuling, serta dari kendaraan komersial seperti Bus MAB hingga line-up truk listrik dari Fuso.

Ada pula lini kendaraan roda dua dan kendaraan niaga yang diikuti oleh Erolis, Nozomi, Rakata, Smoot EV dan Trolis.

Brand komponen pendukung kendaraan listrik seperti Birubatt, Fixio dan Oyika hingga sederet produk lokal juga akan unjuk gigi menampilkan inovasinya.

Tidak Ketinggalan, perusahaan BUMN yakni Perusahaan Listrik Negara (PLN) juga ikut mendukung penuh acara ini sebagai Sponsor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.